Besok Jumat! Asteroid 1989 JA Berdiameter 1.8 Km Mendekati Bumi

JABARESPRES.COM – Asteroid raksasa berdiameter 1,1 mil atau 1,8 Km posisinya sedang mendekati bumi pada Jumat 27 Mei 2022 nanti.

Di lansir Livesciene.com, berdasarkan keterangan resmi NASA Center for Near Earth Object Studies (CNEOS), Asteroid dengan nama 7335 (1989 JA) itu berada dalam posisi terdekat 10 kali jarak Bumi ke Bulan.

NASA sendiri sudah melakukan analisa dan mengklasifikasi bahwa asteroid 1989 JA, berpotensi bahaya terhadap Bumi jika orbit edaranya berubah.

Asteroid tersebut terus bergerak pada orbitnya dan pada tahun ini berada pada posisi terdekat dengan bumi.

Untuk kecepatan gerak asteroid 1989 JA tersebut memiliki kecepatan 76.000 Km/jam atau lebih cepat dari rudal supersonik.

Beruntungnya, batu langit tersebut hanya melintas dalam posisi terdekat Bumi saja. Dan akan langsung menjauh dengan jarak 70 kali Bumi ke Bulan.

Untuk diketahui Asteroid 1989 JA merupakan salah satu benda langit yang diteksi NASA yang memiliki jarak terdekat dengan Bumi.

Sehingga, memiliki potensi bahaya jia wilayah edar orbit asteroid itu bergeser dari biasanya. NASA sendiri secara rutin terus mengawasi pergerakan setiap tahunnya.

Asteroid 7335 (1989 JA) sendiri masuk ke dalam kelas Apollo yang mengacu pada asteroid yang mengorbit matahari sambil secara berkala dan melintasi orbit Bumi.

Para astronom juga menyatakan ada sekitar 15.000 batu semacam itu yang secara rutin melintasi orbit matahari dan bumi.

Untuk mengatasipasi tabrakan dengan bumi pada 2021 lalu, NASA sendiri saat ini tengah melakukan uji coba penelitian dengan menciptakan pesawat ruang angkasa Double Asteroid Redirection Test (DART).

Pesawat luar angkasa ini nantinya akan menabrakan benda langit itu karena memiliki potensi bahaya dengan tujuan merubah jalur orbit agar tidak berpotensi bahaya terhadap kehidupan di Bumi.

1989 JA ini mengorbit matahari selama 570 hari. Gerakannya terkadang menukik dengan perputaran mendekati bumi.

Pada Jumat 27/05 nanti batu itu memiliki jarak sekitar 2,5 juta mil atau sejauh 4 juta kilometer dari planet bumi.

Bagi pengamat benda langit, fenomena ini bisa disaksikan langsung dengan menggunakan teleskop secara virtual Jumat pukul 01:00 UTC atau pukul 06.00 WIB.

Untuk melihat fenomena ini bisa disaksikan secara virtual, pengamat bisa meng klik disini

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan