Mengenang Permainan Zaman Dulu yang Seru Dimainkan Bersama-sama

Jabarekspres.com – Seiring berkembangnya zaman, sudah banyak permainan yang hadir lewat gadget, namun ingatkah permainan zaman dulu seperti petak umpet? Di masa sekarang, anak-anak lebih senang memainkan permainan dalam gadget bila di bandingkan dengan permainan yang mengandalkan fisik.

Masih ingat permainan seperti bola bekel? Itu hanya satu dari beberapa permainan zaman dulu yang ada dalam daftar berikut. Mari mengenang!

Petak Umpet

Permainan yang tidak kalah asyik satu ini di gemari anak-anak pada masanya. cara bermainnya pun mudah saja. Cukup dengan kemampuan berlari yang kencang dan pandai bersembunyi. Tunjuk satu anak sebagai penjaga, dan pemain lainnya bersembunyi. Agar adil untuk memilih siapa penjaganya, biasanya melakukan hompimpa terlebih dulu.

Bola Bekel

Untuk permainan satu ini cukup dengan menyediakan bola bekel dengan ukuran besar atau kecil serta beberapa biji bekel yang biasanya ada enam hingga 8 biji. Ada banyak peraturan untuk permainan bola bekel ini namun yang pasti cara bermainnya ialah pantulkan bola bekel terlebih dahulu.

Sebelum bola bekel menyentuh lantai, biji bekel harus sudah di ambil atau di balikkan posisinya. Permainan ini mampu uji ketangkasan lho.

Congklak

Permainan congklak ini pun seru untuk di mainkan. Hanya menggunakan biji kerang atau batu-batu kecil sebanyak 98 isian dengan 16 papan lubang. Peraturannya, cukup mengambil biji dari satu lubang ke lubang lainnya dan terus hingga habis. Yang paling banyak mempunyai biji, ialah pemenangnya.

Lompat Tali

Untuk permainan ini, tali yang digunakan biasanya menggunakan karet yang disambung satu per satu sehingga menjadi rangkaian yang panjang. Di butuhkan kelenturan dan kegesitan tubuh yang ekstra untuk melompati beberapa level rangkaian karet tersebut.

Permainan ini bisa di mainkan dengan melibatkan minimal tiga orang. Semakin banyak pemain semakin seru.

Ular Tangga

Permainan ular tangga merupakan permainan papan. Papan permainan ini dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak terdapat gambar sejumlah ular dan tangga yang menghubungkan dengan kotak-kotak lain.

Para pemain memulai bidak di kotak pertama atau angka satu di sudut kiri bawah, dan memulainya dengan melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul.

Tinggalkan Balasan