Hari Raya Waisak, Jokowi dan Menag Yaqut Sampaikan Ucapan

JAKARTA – Pada Hari Raya Waisak 2566 BE (Budhist Era), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan kepada seluruh umat Buddha.

“Kesehatan dan kemajuan adalah impian terbesar yang hendak kita gapai saat ini dalam hidup yang penuh kedamaian dan kebersamaan,” kata Jokowi yang ditulis di akun Instagram resminya @jokowi, Senin, (16/5).

Jokowi juga mendoakan agar cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan seluruh rakyat Indonesia.

“Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua,” ucapnya.

Di sisi lain, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengajak agar umat Buddha terus memperkuat moderasi beragama dan merekatkan tali persaudaraan antar sesama.

“Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama,” ujar Yaqut.

Hal tersebut, ujar Yaqut, sebagaimana diajarkan juga dalam kitab suci Dhammapada syair 194, bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran pacaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan.

Tri Suci Waisak senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama Parinibbana, katanya.

“Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktek kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat. Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian,” ujar Menag. (Fin-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan