Puncak Bogor Padat, Sistem One Way Diberlakukan Sejak Pagi Hari

JABAREKSPRES.COM – Memasuki liburan panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Hari Raya Waisak 2022, sejak sabtu (14/5) kemarin Arus lalu lintas menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, mulai terjadi kepadatan arus kendaraan. Untuk mengantisipasi adanya kemacetan, hari ini pihak kepolisian akan menerapkan sistem satu arah atau sistem  one way dari arah Jakarta menuju Puncak sejak pagi hari.

“Hari ini tadi pagi karena kendaraan sudah deras, dilakukan penarikan arus ke arah atas,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata.

Selain penerapan one way dari arah Jakarta, sejak kemarin Polisi juga sudah melakukan skema ganjil genap terhadap kendaraan yang hendak memasuki jalur Puncak. Sehingga tampak beberapa kendaran diputar arah karena tidak sesuai dengan nomer yang ditentukan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terpantau sudah mulai terjadi.

“Dari kemarin kami sudah memainkan pola gage,” jelasnya.

Pola tersebut dinilai efektif, terbukti kawasan menuju puncak terpantau lancar hanya mengalami beberapa kali tersendat tanpa terjadi kemacetan panjang.

Meski demikian, penerapan one way tidak dilakukan secara terus menerus dalam satu hari, namun dilakukan secara situasional dengan melihat volume kendaraan yang berada di jalur Puncak.

Selain jalur utama, polisi juga mempersiapkan jalur alternatif menuju Puncak, di mana setiap titik polisi telah disiapkan di setiap jalur alternatif

“Jangan takut tersesat karena kami sudah menyiapkan personel di setiap jalur,” terangnya. (disway/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan