Airlangga Hartarto Pastikan 4 Proyek Strategis Nasional di Jabar Akan Dipercepat

Proyek Jalan Tol Getaci

Selain itu, proyek stretegis lainnya adalah, Pembangunan Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap sebagai salah jalan tol terpanjang di Indonesia.

‘’Jika proyek ini selesai dikerjakan diharapkan meningkatkan aksesibilitas dan mengurai kemacetan jalur selatan Jawa serta upaya percepatan pertumbuhan ekonomi khususnya di Jawa Barat Bagian Selatan dengan target penyelesaian konstruksi pada 2024,’’ucap Ketua DPP Partai Golkar itu.

Penyelesaian TPAS Legok Nangka

Proyek lainnya yang harus segera diselesaikan adalah Pengembangan Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) Legok Nangka.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya percepatan mencapai Net Zero Emission. Untuk itu,  Kementerian Keuangan sudah ditugaskan untuk segera memutuskan besaran fasilitas VGF.

‘’Gubernur Jawa Barat juga diarahkan untuk mempercepat proses transaksi sehingga proyek tersebut dapat selesai pada tahun 2024,’’kata Airlangga Hartarto.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing

Proyek lainnya adalah Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing. Proyek ini dibangun untuk memudahkan akses logistik dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

‘’Jika ini terwujud maka dapat menurunkan Biaya logistik Nasional,’’ cetusnya.

Menko Airlangga menurtrkan, pemerintah juga akan memberikan dukungan non-fisik seperti bantuan Kredit Usaha Rakyat yang akan diberikan langsung kepada kelompok usaha tani.

Hal ini dilakukan untuk Pengembangan Kawasan Agribisnis berbasis korporasi Petani di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menharapkan, selain pembangunan proyek insfrastruktur, pihaknya menginginkan agar pemerintah pusat membantu untuk membangun proyek mitigasi bencana di Pangandaran.

Menurutnya, proyek-proyek mitigasi bencana dengan membangun Breakwater di Pangandaran diperlukan sebagi peningkatan resiliensi kawasan pariwisata di selatan Jawa.

Selain itu, Pemdaprov Jabar juga saat ini tengah mendorong untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dengan mengembangkan Kampus Institut Teknologi Bandung di Ciribon dan Politeknik Manufaktur di Majalengka.

‘’Diharapkan keberadaan kampus tersebut dapat mendukung penyediaan SDM yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan di kawasan industri di sekitar kawasan Rebana,’’ucap Ridwan Kamil.

USalan lainnya, Ridwan Kamil juga menginginkan adanya pembangunan pengembangan Rumah Sakit Cideres di Kabupaten Majalengka dan Pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Cilauteureun di Kabupaten Garut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan