Wabah PMK Merebak, Ini Bagian yang Aman dan Anjuran Pengolahan Daging Sapi

BEKASI – Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) sedang merebak menjangkiti hewan ternak.

Merebaknya wabah PMK menjadi fokus Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Pada DKPPP Kota Bekasi Wadi Rimal mengatakan masyarakat tidak perlu panik. Namun harus tetap memperhatikan beberapa hal saat mengonsumsi daging sapi.

“Terkait penyakit PMK ada yang perlu diperhatikan, terutama jangan memakan bagian kepala dan jeroan hewan yang disinyalir menjadi pemicu penyakit PMK,” ucap  Wadi Rimal saat ditemui, Rabu (11/5).

Dia juga menyampaikan bahwa penyakit ini tidak menular kepada manusia. Namun, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memasak daging hewan dengan baik sampai dengan benar-benar matang.

Pihaknya juga telah memberikan imbauan kepada pemilik pengusaha ternak, untuk merawat hewan dengan baik agar tidak terjadi penularan penyakit di dalam kandang saat dipelihara.

“Penyakit ini tidak menular kepada manusia asalkan memasak daging hewannya dengan cukup baik, saya juga sudah mengimbau peternak untuk merawat hewan dengan baik agar tidak terjadi penyakit,” ungkapnya.

Saat ini belum ada konfirmasi adanya penyakit hewan ternak tersebut di Kota Bekasi.

Wadi Rimal menjabarkan, penyakit hewan ternak ini bisa terjangkit di hewan Sapi, Kerbau, Domba, B2 yang biasa dikonsumsi masyarakat.

Meski belum ada konfirmasi terjangkit penyakit tersebut di bekasi pihaknya akan terus melakukan pemantauan dengan ketat dan telah melakukan koordinasi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bekasi guna untuk mengantisipasi.

“Untuk tahap pencegahan, kita sudah melakukan koordinasi dengan Plt Wali Kota Bekasi terkait pencegahan penyakit PMK itu, kami juga sudah berkoordinasi dengan kementerian melalui zoom meeting menangani PMK ini,” pungkasnya. (fin)

Tinggalkan Balasan