Tes Buta Warna Online Gratis, Apakah Mata Anda Sehat?

Jabarekspres.com- Buta warna merupakan sebuah kondisi dimana mata tidak dapat melihat warna secara normal. Penderitanya biasanya sulit untuk melihat warna tertentu (Parsial) atau mungkin seluruh warna (total). Untuk mengetahuinya anda bisa mengikuti tes buta warna di bawah ini.

Sebelum melakukan tes buta warna, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu buta warna, penyebab, dan gejala buta warna.

Biasanya kondisi seseorang tidak bisa melihat warna merupakan kondisi yang biasanya didapat sejal lahir.

Dilansir dari laman alodokter, ternyata buta warna banyak dialami oleh kaum pria dibandingkan dengan wanita.

Kondisi tidak bisa melihat warna secara norma; tidak dapat disembuhkan, dan penyakit ini merupakan penyakit seumur hidup. Tetapi dokter akan memberikan penanganan yang sesuai kepada pasien sesuai kondisi yang diderita pasien.

Penyebab Buta Warna

Organ mata manusia mempunyai sel-sel khusus yang dapat bereaksi tyerhadap warna dan cahaya. Seli ini juga mempunyai fungsi untuk mendeteksi 3 pigmen warna.

Tiga pigmen warna tersebut adalah warna merah, warna hijau, dan warna biru.

Nah, setelah ditangkap dan diidentifikasi oleh mata, otak akan menentukan persepsi warna apa yang ditangkap oleh sel dalam mata.

Namun, bagi penderitanya , sel-sel yang mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi warna tersebut tidak berfungsi, akibatnya mata tidak dapat menidentifikasi warna tertentu atau seluruh warna.

penyakit tidak bisa melihat warna bisa terjadi karena tiga faktor seperti:

  1. Keturunan

Sebagian besar kondisi ini terjadi karena keturunan dari orang tua. Biasanya kondisi tidak bisa melihat warna diakibatkan oleh keturan ini mempengaruhi kedua mata.

Tingkat keparahan kondisi ini karena keturunan bisa ringan, sedang, dan berat. Tingkat keparahan ini tidak akan berubah hingga akhir hidup para penderita buta warna.

  1. Didapatkan

Faktor yang kedua adalah faktor lain, selain keturunan. Bisa saja seseorang mengalami kondisi ini pada saat dewasa, meskipun pada saat masih kecil ia bisa melihat warna dengan normal.

Faktor kedua ini bisa terjadi karema

Penyakit tertentu yang bisa menurunkan kemampuan melihat warna, seperti anemia sel sabit, diabetes, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, glaukoma, penyakit Parkinson, leukemia, atau kecanduan alkohol

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan