Pemilu Presiden Filipina, Warga Mulai Memilih Presiden Selanjutnya

Jabarekspres.com- Jutaan orang Filipina telah mulai memberikan suara untuk pemilu presiden untuk memilih presiden baru dalam pemilihan yang mengadu putra mendiang orang kuat Filipina melawan seorang pengacara hak asasi manusia liberal.

Pemungutan suara Pemilu Presiden dibuka di seluruh negara Asia Tenggara pada pukul 6 pagi pada hari Senin (22:00 GMT pada hari Minggu), dengan memecahkan rekor 67 juta orang terdaftar untuk memberikan suara mereka.

Komisioner Pemilihan George Garcia mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengharapkan jumlah pemilih yang besar.

“Ini adalah pemilihan bersejarah, yang sangat berkesan, hanya karena kami akan memilih, setidaknya dalam situasi pandemi, presiden baru dan itulah mengapa kami mengharapkan jumlah pemilih yang tinggi,” katanya sebelum pemungutan suara dibuka.

Pemungutan suara Pemilu Presiden akan berakhir pada pukul 7 malam (11:00 GMT), dengan jam pemungutan suara diperpanjang karena pandemi virus corona dan kebutuhan untuk menghindari antrian dan keramaian. Penghitungan surat suara akan segera dimulai.

Pemenangnya dapat diketahui dalam beberapa jam karena kandidat dengan suara terbanyak memenangkan pemilihan.

Tidak akan ada putaran kedua.

Analis telah menggambarkan Pemilu Presiden hari Senin sebagai pemilihan paling signifikan dalam sejarah Filipina baru-baru ini karena hasilnya dapat mengakibatkan kemunduran demokrasi atau reformasi liberal.

Kontes telah menjadi perlombaan dua arah antara Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr dan Wakil Presiden saat ini Leni Robredo. Pasangan ini sebelumnya berhadapan dalam pemilihan wakil presiden pada tahun 2016, dengan Marcos kalah dari Robredo pada saat itu.

Tapi survei opini menunjukkan Marcos Jr memimpin kali ini. Dia adalah putra dan senama ayahnya yang memerintah Filipina sebagai diktator sampai dia dipaksa dari kantor dan diasingkan dalam pemberontakan populer pada tahun 1986.

Di jalur kampanye, Marcos Jr mengacu pada “persatuan” tetapi memberikan sedikit detail tentang kebijakannya. Dia memuji kepemimpinan “jenius” mendiang ayahnya, dan menghindari wawancara dan debat media.

Robredo, seorang pengacara yang mengepalai oposisi, telah berjanji untuk membentuk pemerintahan yang lebih transparan dan menghidupkan kembali demokrasi negara itu.

Dia melemparkan topinya ke atas ring pada tahap yang relatif terlambat dan mengandalkan jaringan sukarelawan berpakaian merah muda untuk memenangkan pemilih di seluruh nusantara.

Tinggalkan Balasan