Begini Cara Pencegahan Hepatitis Misterius pada Anak

Jabarekspres.com – Penyebab hepatitis misterius masih belum diketahui penyebabnya. Namun, Sebagian ahli mengaitkan penyebabnya dengan Covid-19 dan ada juga yang mengaitkannya dengan adenovirus.

Kedua virus itu ditularkan melalui droplet. Sedangkan virus hepatitis pada umumnya lewat saluran cerna.

Maka dari itu, untuk melakkukan pencegahan hepatitis misterius yaitu menjamin seseorang tak tertular lewat droplet dan juga saluran cerna lewat kontak makanan.

“Hepatitis akut kan sebagian ini ditularkan lewat mulut, lewat saluran cerna. Dan sebagian lagi masih diduga bahwa ditularkan lewat droplet atau percikan air liur,” kata Dokter Spesialis Anak yang juga Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Muzal Kadim dalam konferensi pers, Sabtu (7/5).

Jika sudah mengetahui cara penularannya, para orang tua sebaiknya disiplin membantu anak untuk mencegahnya.

Berikut ini cara mencegah hepatitis misterius dari Muzal Kadim yang dikutip dari Jawapos.com.

1. Alat-Alat Makan Harus Terpisah

Batasi penggunaan alat makan masing-masing per individu anggota keluarga. Sendok, piring, garpu, gelas, sebaiknya digunakan masing-masing. Botol minum selama perjalanan mudik dan arus balik juga sebaiknya harus masing-masing.

2. Jangan Berenang di Kolam Renang Umum

Untuk sementara waktu, sebaiknya anak-anak pada masa liburan ini jangan berenang di kolam renang umum. Ketika penularan bisa terjadi lewat air liur, kolam renang dapat berpotensi menjadi sumber penularan.

3. Bawa Bekal Sendiri

Ketika anak-anak sudah sekolah, sebaiknya yang paling sehat adalah membawa bekal sendiri. Jangan berbagi makanan dengan teman-teman yang lain untuk sementara waktu.

4. Cuci Tangan

Hal paling sederhana seperti yang kita sudah lakukan selama pandemi Covid-19 adalah rajin menjaga kebersihan tangan. Rutin mencuci tangan dengan sabun terutama sebelum makan dan setelah makan.

5. Pakai Masker

Karena kasus ini diduga masih dikaitkan dengan Covid-19 dan adenovirus yang dapat ditularkan lewat droplet, anak-anak tetap direkomendasikan untuk memakai masker. Terutama saat berada di tengah kerumunan orang atau umum.

6. Jangan Jajan Sembarangan

Anak-anak diminta untuk tidak membeli makanan dan minuman di pinggir jalan yang tidak higienis. Belilah makanan dan minuman dengan kemasan yang bersih dan terpercaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan