Sempat Terkam Ternak Ayam Warga, Ular Sanca Besar di Cibugel Sumedang Ditangkap

SUMEDANG – Seekor ular berjenis Sanca ditemukan di pemukiman warga di Dusun Simpay Wargi, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang pada Kamis (5/5).

Diketahui, ular Sanca yang ditemukan warga itu memiliki panjang sekiranya 5 meter dengan ukuran cukup besar.

Kapolsek Cibugel, IPTU Ucu Abdurahman mengatakan, dirinya mendapat laporan warga mengenai adanya temuan ular dan langsung mendatangi lokasi untuk proses penangkapan.

“Ularnya jenis Sanca, setelah dapat laporan saya langsung ke TKP temuan ular untuk ditangkap ularnya,” kata Ucu kepada Jabar Ekspres.

Ucu menerangkan, ular Sanca yang dikhawatirkan dapat berpotensi menyakiti warga, sudah cukup meresahkan.

Pasalnya, dijelaskan Ucu, ular Sanca itu sempat menerkam ayam petelur yang diternak oleh warga di Dusun Simpay Wargi, Desa Jaya Mekar.

“Jadi ular tersebut memangsa ayam petelur milik warga. Alhamdulillah ularnya sudah ditangkap, sudah diamankan jadi warga tidak khawatir keselamatan diri dan ternaknya terancam,” ujar Ucu.

Dalam penuturannya, Ucu menjelaskan, temuan bermula saat salah seorang warga tidak sengaja melihat sosok ular Sanca dekat pemukiman sekiranya pukul 6.00 WIB.

“Proses penangkapan ular juga berlangsung aman dan lancar tanpa kendala,” imbuhnya.

“Ular Sanca yang ditemukan tadi sudah diamankan oleh pawangnya (ular), oleh saudara Marjek,” tambah Ucu.

Dia berujar, pawang ular sengaja didatangkan guna mempercepat proses penangkapan sekaligus meminimalisir terjadinya potensi korban luka gigitan ular terhadap warga.

“Supaya ular juga keselamatannya tidak terancam jadi kita datangkan Marjek, warga Dusun Pada Hurip, Desa Jaya Mekar,” pungkas Ucu.

Dia menegaskan, setelah ular Sanca yang sempat meresahkan warga tersebut ditangkap, selanjutnya ular Sanca hasil temuan di pemukiman warga itu dibawa oleh sang pawang untuk dipelihara. (mg5/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan