Hari Kedua Lebaran, Situ Lengkong Dipadati Ribuan Pengunjung

CIAMIS – Objek wisata air dan wisata ziarah, Situ Lengkong di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipadati ribuan pengunjung pada hari kedua Lebaran, Selasa (3/5) sore.

Hal demikian berdasarkan data yang disampaikan petugas UPTD Dinas Pariwisata Wilayah Kawali, Riska Munigar kepada Jabar Ekspres ketika wawancara di ruang kerjanya.

“Pengunjung sekira 1.400 orang, kemarin 390-an pengunjung. Optimis (lonjakan pengunjung, red) H+3 sama H+4 pasti ada peningkatan,” katanya.

Selain menyuguhkan keindahan alam, Situ Lengkong juga menyediakan perahu-perahu yang siap menampung para pengunjung.

Cukup membayar Rp 10 ribu, para pelancong ini bakal berlayar mengelilingi nusa atau pulau kecil yang berada di tengah danau tersebut.

“Kapal mesin bisa menampung kira-kira 25 orang. Kalau dulu ada sama kapal dayung, namun sekarang disamakan pakai yang perahu mesin,” jelasnya.

Sementara itu, bukan hanya wisata air, tidak jarang para pengunjung yang datang dari luar kota bahkan provinsi, berkunjunkung dengan niatan untuk berziarah ke Situ Lengkong.

Nusa Situ Lengkong Panjalu yang berada di tengah danau tersebut memang menjadi lokasi untuk wisata ziarah.

Lantaran pulau kecil ini menjadi tempat istimewa peristirahatan Prabu Hariang Kencana, sosok yang menyiarkan agama Islam di Panjalu.

“Ada juga yang hendak berziarah ke makam Prabu Dipati Hariang Kencana atau yang lebih dikenal Syeikh Abdul Iman,” ucapnya.

“Kalau ke sini, kebanyakan dari daerah Jawa, Jabodetabek juga banyak. Kemarin menjelang bulan puasa Ramadhan, banyak pengunjung. Berziarah pada masa-masa bulan rajab,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan