Cara Bangun Lebih Pagi, Ini Kiat-kiat yang Harus Kamu Lakukan

JABAREKSPRES – Bangun subuh atau bangun pagi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, bagi penderita insomnia atau gangguan tidur lainnya, mungkin akan kesulitan jika harus bangun pagi. Meskipun sulit bukan berarti tidak mungkin. Ada beberapa cara bangun lebih pagi yang bisa dilakukan agar bisa tidur dengan nyenyak di malam hari dan berhasil untuk bangun pagi. Berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar bisa bangun lebih pagi:

  1. Mematikan Lampu, Gadget, dan Benda Elektronik Sebelum Tidur

Anda bisa mematikan lampu dan beberapa benda elektronik sebelum tidur karena bisa membantu untuk lebih cepat tidur. Bagi sebagian orang, ada yang justru tidak bisa tidur jika dalam keadaan lampu mati.

Namun dalam beberapa penelitian ilmiah, tidur di dalam ruangan yang gelap lebih bermanfaat karena mata dan organ tubuh yang lain dapat beristirahat dengan baik. Itu artinya mematikan lampu atau elektronik tertentu dapat meningkatkan kulitas tidur kita sehingga cara tersebut bisa buat Anda bangun lebih pagi dengan keadaan segar bugar.

  1. Mengetahui Jam Tidur yang Dibutuhkan

JIka Anda ingin berencana bangun pagi, maka perlu merencanakannya dengan memperkirakan waktu tidur yang cukup. Berdasarkan beberapa penelitian, waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 sampai 8 jam dengan kualitas tidur yang baik. Bisa sesuaikan waktu tidur agar bisa bangun pagi, namun tetap memiliki waktu tidur yang cukup.

  1. Gunakan Alarm Untuk Mengatur Waktu Bangun

Alarm adalah alat bantu yang sangat efektif untuk membantu bangun pagi. Bagi sebagian orang, alarm menjadi hal penting yang harus ada agar mereka bisa bangun pagi. Namun ada pula orang yang tidak berhasil bangun karena alarm karena biasanya mereka akan tidur kembali setelah alarm berbunyi dan berhasil mematikannya. Jadi, biasakan letakan alarm di tempat yang jauh dari jangkauan tangan, sehingga bisa bangun saat alarm tersebut berbunyi tanpa mematikannya.

  1. Upayakan Langsung Bangun Saat Pertama Kali Sadar Dari

Cara ini adalah keberlanjutan dari penggunaan alarm untuk mengatur waktu bangun tidur. Setelah berhasil bangun, usahakan tidak tergoda untuk tidur lagi karena hal itu akan membuat kamu gagal bangun pagi. Jika tidur lagi, justru akan  membuat kamu kembali terlelap dalam jangka waktu lebih lama.  Hal itulah yang akan membuat kalian menjadi kesiangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan