Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1443 H

Jabarekspres.com – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah di Auditorium HM Rajidi Kemenag, Minggu (1/5) pukul 17.00 WIB.

Dirjen Bimas Islam Kementerin Agama Kamaruddin Amin mengatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang, sudah memenuhi kriteria baru yang ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelas Kamaruddin di Jakarta yang dikutip dari Kemenag RI, Minggu (1/5)

“Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” kata Kamaruddin.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Kamaruddin menambahkan, Pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan Sidang Isbat, dengan menggunakan metode hisab dan rukyat, di mana posisi hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah yang selanjutnya menunggu laporan rukyat dari seluruh Indonesia.

“Rukyat digunakan sebagai konfirmasi terhadap hisab dan kriteria yang digunakan. Kedua hal yaitu hisab dan konfirmasi pelaksanaan rukyatul hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk selanjutnya diambil keputusan awal Syawal 1443 H,” jelasnya.

Berikut Jadwal dan link live streaming sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1443 H:

  1. Seminar posisi hilal disiarkan live melalui channel YouTube Bimas Islam pukul 17.00 WIB atau live streaming di media sosial Instagram @bimasislam.
  2. Telekonferensi pers penetapan 1 Syawal 1443 H dapat disaksikan di TVRI https://tvri.go.id/live atau live streaming media sosial Instagram Kemenag @kemenag_ri pukul 19.15 WIB. (bbs/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan