Tips Kurangi Kelelahan saat Mudik

Jabarekspres.com – Seseorang yang melakukan perjalanan mudik harus dalam kondisi yang fit. Namun terkadang seseorang juga bisa mengalami kelelahan saat mudik.

Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit Kemenkes yang menangani aspek kesehatan mudik sebelum pandemi dan Mantan Direktur WHO Asia Tenggara yang menangani mass gathering, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan ada lima hal yang dapat dilakukan selama perjalanan untuk mengatasi kelelahan saat mudik

“Kalau lelah dalam perjalanan, segera istirahat. Sebaiknya juga setiap 4 jam berkendara (roda 4 atau roda 2) maka harus beristirahat,” katanya yang dikutip dari Jawapos.com, Minggu (1/5).

Jika selama dalam perjalanan ada keluhan sakit atau kelelahan lain yang tak bisa diatasi, maka segera berobat ke Pos Kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit disepanjang jalur arus mudik yang tentunya sudah disediakan pemerintah. Sehingga kondisi tubuh akan tetap fit.

Selain itu pemudik juga harus selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam perjalanan mudik dan jangan jajan sembarangan. Mungkin juga baik kalau selama perjalanan jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam.

“Setidaknya menghindari makanan dan minuman yang mudah mengiritasi saluran cerna kita. Juga jangan mau menerima begitu saja minuman dan makanan dari orang yang tidak dikenal,” ujarnya.

Disamping itu, dia menyebut pengendara juga harus mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas.

“Pengendara sepeda motor harus menggunakan helm, dan pengendara mobil harus memasang seat bealt saat berkendara demi keamanan dan keselamatan selama perjalanan,” pungkasnya. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan