Euforia Idul Fitri Kembali Terasa, Masyarakat Berbondong Belanja ke Mall Jatos

SUMEDANG – Mall Jatinangor Town Square (Jatos) di wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang alami peningkatan jumlah pengunjung.

Mendekati Hari Raya Idul Fitri 2022, peningkatan jumlah pengunjung di Jatinangor dinilai cukup signifikan.

Hal itu disampaikan oleh Humas Jatos, Dian Amalia. Dia berujar, meningkatnya jumlah pengunjung karena faktor bulan suci Ramadan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

“Peningkatan ada, karena sudah 2 tahun tidak diperbolehkan mudik, otomatis gak ada (peningkatan jumlah kunjungan),” kata Dian kepada Jabar Ekspres di lokasi, Minggu (1/5).

Diketahui pada 2020 hingga 2021 lalu, momentum Hari Raya Idul Fitri di Indonesia tak disambut meriah sebab adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal itu diterapkan pemerintah bertujuan supaya masyarakat tidak terlalu euforia berlebihan yang nantinya berpotensi berdampak pada penyebaran virus Covid-19.

Kendati saat ini pandemi Covid-19 belum usai, namun penyebaran yang mulai terkendali hingga mayoritas masyarakat sudah divaksinasi, maka pemerintah memberikan kelonggaran dalam beraktivitas termasuk dibolehkannya mudik Lebaran.

Menurut Dian, karena tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran, maka berpengaruh terhadap rasa keinginan untuk berbelanja.

“Jadi memacu ekonomi, masyarakat ingin berbelanja untuk bekal mudik dan oleh-oleh ke kampung halaman. Ada euforianya,” ujar Dian.

Dian menerangkan, tak hanya penjualan pakaian yang mengalami peningkatan, namun kebutuhan pokok hingga hiburan di Mall Jatos dinilai alami lonjakan pengunjung.

“Hampir setiap sektor ada peningkatan (jumlah kunjungan). Tapi tetap kita lakukan pembatasan pengunjung,” imbuhnya.

Pembatasan jumlah pengunjung tersebut, dijelaskan Dian, sebagai bentuk upaya antisipasi dalam meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19.

“Kita pembatasan (jumlah kunjungan) 75 persen, kemudian kita tetap menerapkan protokol kesehatan,” ucap Dian.

Dian memprediksi, pada malam takbiran nanti, Mall Jatos akan mengalami lonjakan jumlah pengunjung.

“Pas nanti malam takbiran kayaknya (lonjakan) seperti itu (berpotensi terjadi). Soalnya malam terakhir (Ramadhan),” pungkas Dian.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Anisa Firdayanti (22) warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengaku, berkunjung ke Mall Jatos untuk berbelanja kebutuhan Lebaran.

Salah seorang pengunjung Mall Jatos, Anisa Firdayanti (22) warga Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Yanuar/Jabar Ekspres)
Salah seorang pengunjung Mall Jatos, Anisa Firdayanti (22) warga Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Yanuar/Jabar Ekspres)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan