Arus Mudik di Lingkar Gentong Padat Merayap Sepanjang 4 Km

TASIKMALAYA – Gelombang arus mudik yang terjadi di Jalur Lingkar Gentong, Tasikmalaya pada Sabtu (30/4) malam hari, terpantau mulai padat oleh para pemudik.

Laju kendaraan sepanjang turunan Gentong atas dari arah Bandung-Garut menuju Tasikmalaya sempat tersendat.

Pantauan Jabar Ekspres di lokasi, kepadatan tersebut hingga sepanjang 4 kilometer (km) lebih. Dilihat dari kendaraan yang mengular di sepanjang turunan Lingkar Gentong atas sampai pertigaan Suryalaya, tepat di depan Pos Pam 3 Pamoyanan.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, per hari Sabtu (30/4) pukul 19.00 WIB, total jumlah arus kendaraan yang datang dari arah Barat ke Timur sebanyak 1.308 kendaraan.

Jika dirinci 1.308 kendaraan tersebut yakni 889 kendaraan sepeda motor, 7 mobil besar, 25 mobil sedan serta 387 mobil kecil lainnya.

“Kalau dibandingkan dengan hari (Jumat) kemarin, volumenya lebih tinggi. Hampir 3/4 dari hari kemarin,” ungkap petugas Dishub Kabupaten Tasikmalaya, Kamaludin, Sabtu (30/4) malam.

Ia menambahkan, dengan volume kendaraan arus mudik yang melonjak itu, pada hari Sabtu (30/4) ini dapat dikatakan sudah termasuk ke dalam puncak arus mudik lebaran.

“Puncaknya mungkin malam ini, juga hari besok, Minggu (1/5),” pungkasnya.

Diketahui, jumlah total arus kendaraan dari Barat ke Timur per Sabtu (30/4) dari pukul 00.00 sampai 19.00 WIB, total sebanyak 18.426 kendaraan. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan