Kuota Jamaah Haji Tahun 2022 Mencapai Lebih dari 100 Juta Orang

SOREANG – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily hadiri sosialisasi Desiminasi Pengelolaan Keuangan Haji 2022, bertempat di Hotel Sunsine Soreang Kabupaten Bandung Selasa (26/4).

Selain Ace Hasan, hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bandung H. Sahrul Gunawan, Ketua DPRD Sugianto, dan Ketua MUI Kabupaten Bandung Yayan Hasuna.

Acara sosialisasi yang dihadir para tokoh masyarakat Kabupaten Bandung tersebut diselenggaran tepat pukul 13.00 wib hingga selesai.

Ace Hasan menyampaikan pada tahun 2022 saat ini, pelaksanaan ibadah haji akan diselenggarakan, dengan kuota se-Indonesia sebanyak 100.051.000 jamaah. Menurutnya, sedangkan sebelum Pandemi Covid-19, kuota sebanyak 221.000.000.

“Pada tahun 2022 saat ini, sama dengan 48 persen dari jumlah tahun tahun sebelumnya,” kata Ace Hasan saat di wawancara.

“Insya Alloh, pada awal bulan Juni 2022, akan dilaksanakan keberangkatan Ibadah Haji untuk cloter pertama,” sambungnya.

Ace Hasan juga menjelaskan, bahwa saat ini baik warga Arab Saudi maupun warga negara dari luar tidak selalu bebas untuk datang ke Raudoh dan Tawaq. Pasalnya, kata dia, ada beberapa aturan yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Sebagai pimpinan di Komisi VIII DPR RI, kita kerap melakukan upaya-upaya untuk perbaikan pelayanan Ibadah Haji dan Umroh,” Tutup Ace Hasan.

Dikabarkan sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyepakati adanya perubahan biaya haji di tahun 2022 bersama dengan Komisi VIII DPR RI, pada hari rabu (13/4/2022) dini hari.

Yaqut juga menjelaskan bahwa tambahan biaya jemaah haji lunas tunda tahun 1441 H/2020 M tidak akan dibebankan kepada jamaah, tetapi dibebankan kepada alokasi Virtual Account.

(yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan