Dishub Jabar Beberkan Ruas Jalan yang Akan Padat Saat Mudik

BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat menyebut bahwa ada beberapa titik atau ruas jalan yang menjadi konsennya saat perjalanan mudik Lebaran kali ini.

Menurut Kepala Dishub Jabar, Asep Koswara menjelaskan bahwa beberapa titik jalan yang dijadikan konsen oleh pihaknya ini dikarenakan ruas jalan tersebut dapat menimbulkan kepadatan yang sangat luar biasa saat puncak arus mudik.

“Kalau diuraikan banyak, yang prioritas itu Cileunyi, exit tol Sumedang, Nagreg, Limbangan arah ke Garut. Untuk daerah Baratnya di Cawi dan daerah Utara daerah exit Tol Cipali. Jadi ini harus diantisipasi kemacetannya,” papar Asep di Gedung Sate Kota Bandung, Selasa (26/4).

Selain hal tersebut, lanjut Asep, pihaknya telah menyediakan ribuan kendaraan darat, laut dan udara.

Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kepadatan calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran tahun 2022.

“Armada angkutan ada 3.400 an itu AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), kemudian Kereta Api ada 164 rangkaian, kemudian angkutan udara 81 penerbangan ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan) kapal ada 162 unit kapal,” ujarnya.

Koswara mengaku, per hari kemarin sudah ada pergerakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik. Namun untuk kondisi lalu lintas masih berjalan lancar.

“Kemarin sudah ada pergerakan tapi masih lancar. Dominan pergerakan pantauan terakhir itu roda dua banyak di utara di selatan limpahan dari Tol. Dan kalau Tol banyak keluar Cileunyi itu banyak, dan kemungkinan puncaknya di tanggal 28-29 April,” pungkasnya. (Mg4/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan