Teleskop Hubble Berhasil Menangkap Fenomena Indah di Ruang Angkasa, Sayap Malaikat

Editor:

Jabarekspres.com — Belum lama ini Badan Antariksa Eropa (ESA) menerbitkan gambar indah terkait pengamatan teleskop Hubble yang berhasil menangkap fenomena tabrakan dua galaksi di ruang angkasa.

Dalam akun resmi Instagramnya, ESA menyebut fenomena benturan dua galaksi itu sebagai The Angel Wing, yang artinya Sayap Malaikat, Senin (25/4/2022).

Adapun penamaan tersebut karena tabrakan dua galaksi di konstelasi Leo itu membentuk sepasang sayap yang berkibar sebagai proses pertemuan dua galaksi yang pada awalnya berjauhan.

Teleskop Hubble NASA/ESA itu berhasil menangkap fenomena alam yang menakjubkan tersebut sebagai bagian dari proyek ilmuwan yang disebut sebagai Galaxy Zoo.

Galaxy Zoo merupakan inisiatif astronomi crowdsourced yang melibatkan pekerjaan ratusan ribu sukarelawan guna membantu para astronom memilah-milah data dari teleskop robotik dan mengklasifikasikannya galaksi di ruang angkasa, dikutip dari Space.com, Rabu (20/4/2022).

Fenomena The Angel Wing menyita para perhatian para ilmuwan dan juga kita semua sebab ia berbeda dengan objek-objek yang ada di sekitarnya.

Dalam gambar jepretan teleskop Hubble itu kita melihat semacam noktah di tengah kegelapan alam semesta. Noktah-noktah tersebut merupakan galaksi yang oleh ESA sebut tampak “tumpang tindih”.

Pada dasarnya, meski kumpulan galaksi itu tampak “tumpang tindih” atau berdekatan, sebenarnya objek-objek memiliki jarak yang sangat berjauhan.

Akan tetapi, Sayap Malaikat ini merupakan pengecualian. Sayap Malaikat ini memang merupakan dua galaksi yang saling bertemu setelah melewati selama jutaan bahkan miliaran tahun.

“Tidak seperti penjajaran galaksi yang kebetulan hanya tampak tumpang tindih seperti yang terlihat dari sudut pandang kita di Bumi, kedua galaksi di VV689 berada di tengah-tengah tabrakan. Interaksi galaksi telah membuat sistem VV689 hampir sepenuhnya simetris, memberikan kesan sekumpulan sayap galaksi yang membentang,” kata ESA dalam akun Instagramnya, Senin (25/4/2022).

Fenomena tabrakan galaksi adalah hal yang biasa terjadi di ruang angkasa.

Sebelumnya, pada 19 Februari 2022, teleskop Hubble juga pernah menangkap bahkan benturan tiga galaksi di konstelasi Cancer.

Pertemuan tiga galaksi itu bahkan membuat objek di dalamnya, bintang-bintang misalnya, saling berbenturan, dikutip dari Live Science, Sabtu (19/2/2022).

Para ilmuwan masih terus mempelajari fenomena seperti ini di ruang angkasa guna mendapatkan pengetahuan baru atas makro kosmos.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *