Mudik Lebaran 2022, Kantor SAR Bandung Siagakan Semua Personil dan Alutsista

SUMEDANGHari Raya Idul Fitri 2022 disambut antusias masyarakat karena dibolehkannya mudik Lebaran oleh pemerintah.

Menyikapi hal tersebut, Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) lakukan antisipasi kesiapsiagaan pada mudik Lebaran 2022.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, untuk kesiapsiagaan mudik Lebaran 2022, dia menyiapkan semua anggota termasuk alutsista.

“Semua yang kita miliki terkait dengan alutsista baik unsur lautnya, kemudian alat-alat untuk evakuasi di kecelakaan, kita siapkan semuanya,” kata Deden di Kantor SAR Bandung, Kecamatan Cimanggung, Sumedang pada Senin (25/4).

Menurutnya, kontribusi dalam kesiapsiagaan mudik Lebaran 2022 tersebut guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pemudik.

“Jadi semua yang kita miliki kita siapkan semua, dibantu oleh rekan-rekan potensi masyarakat binaan dari Basarnas yang akan membantu pelaksanaan ini,” imbuhnya.

“Sehingga kita betul-betul bisa memanfaatkan dan bisa menghadirkan semua yang kita miliki baik itu personil maupun alat yang kita miliki,” tambah Deden.

Deden berharap, pada mudik kali ini jangan sampai terjadi membludaknya pemudik hingga menimbulkan potensi kecelakaan yang mengancam keselamatan jiwa.

Sementara itu, Deden menjelaskan, untuk konsentrasi pada kesiapsiagaan mudik, Kantor SAR Bandung mentiagakan sedikitnya 9 titik lokasi.

“Di antaranya Posko Gabungan Terpadu yang ada di Cikopo, kemudian untuk di Tol Cipalinya di Kilometer 102 dan 188,” ujar Deden.

Dia melanjutkan, titik siaga lainnya ada di wilayah Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

“Ada di tanjakan Gentong (Nagreg), kemudian ada juga di Pangandaran, lalu ada di Santolo dan Pelabuhan dan di Karawang,” tutup Deden. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan