Kebakaran Pasar Gembrong, Puluhan Unit Damkar Dikerahkan untuk Padamkan Api di Ratusan Bangunan

JAKARTA – Sebanyak kurang lebih 400 bangunan yang berada di area Pasar Gembrong Jakarta Timur, Minggu (24/4) malam, hangus terbakar. Kebakaran Pasar Gembrong tersebut terjadi sangat singkat dan tidak terduga oleh penghuni didalamnya.

Ratusan bangunan tersebut terdiri atas rumah dan pertokoan. yang berdiri diatas lahan seluas seribu meter lebih.

”Objek terbakar 400 bangunan terdiri atas rumah dan pertokoan di RT 2, 3, 4, 5, dan 6, wilayah RW 01,” kata
Kasi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman. di Jakarta, Senin (25/4)

Gatot menambahkan, Total luas area yang terbakar sekitar 1.200 meter persegi yang seluruhnya berada di RW 01.

Dari laporan yang diterimanya, belum ada kabar mengenai korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun akibat peristiwa kebakaran itu kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar.

Sementara dari hasil pemeriksaan dan informasi dari warga, diketahui penyebab kebakaran di Pasar Gembrong tersebut dugaan sementara terjadi karena korsleting listrik dari salah satu rumah warga.

”Pemilik rumah teriak terjadi kebakaran dan warga berusaha memadamkan api, namun api cepat membesar dan merembet ke sekitarnya karena bangunan sekitar terbuat dari kayu,” ujar Gatot.

Dia menambahkan, pihaknya pertama kali mendapat laporan kebakaran itu sekitar pukul 21.06 WIB. Sebanyak 32 unit mobil pemadam kebakaran dari Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dengan 130 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

Luasnya area Pasar Gembrong yang terbakar membuat proses pemadaman berlangsung lama. ”Awal pemadaman pukul 21.17 WIB dan pukul 04.30 WIB masih dalam proses pendinginan,” tutur Gatot. (jpg/rb/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan