Basarnas Gelar Kesiapsiagaan Mudik Lebaran 2022, Kepala Kantor SAR Bandung: Berikan Rasa Aman dan Nyaman

SUMEDANG – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Kantor SAR Bandung siap siaga mudik Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2022.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, kesiapsiagaan mudik Lebaran 2022 sebagai bentuk antisipasi terjadinya peristiwa yang melibatkan korban hilang hingga meninggal dunia.

“Hari ini kita melaksanakan apel siaga khusus Lebaran, sesuai dengan instruksi Kepala Basarnas,” kata Deden di Kantor SAR Bandung, Kecamatan Cimanggung, Sumedang pada Senin (25/4).

Deden menerangkan, kesiapsiagaan yang dilakukan Basarnas Kantor SAR Bandung mulai dari personil hingga alutsista atau armada khusus.

“Kita melaksanakan apel siaga tentunya untuk mengecek betul-betul kesiapan personil maupun alat yang kita miliki,” ujar Deden.

Dia mengaku, untuk kesiapsiagaan personil Basarnas Kantor SAR Bandung sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, sebab menurutnya sebagai anggota SAR sudah seharusnya selalu siap siaga apapun hari dan bagaimanapun kondisi cuacanya.

“Kita sudah menyiapkan karena memang Lebaran tahun ini akan berbeda dengan Lebaran sebelumnya,” ucap Deden.

“Karena pemerintah sudah menyatakan bahwa masyarakat (tahun ini) boleh mudik. Karena itu, kami ikut berpartisipasi,” tambahnya.

Partisipasi tersebut dijelaskan Deden, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022.

“Memang wilayah Jawa Barat ini menjadi daerah perlintasan untuk ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Deden berujar, Basarnas Kantor SAR Bandung sudah sering menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perhubungan hingga Polri.

“Kita sudah mengadakan beberapa kali pertemuan dengan stakeholder terkait termasuk Polda Jawa Barat dan Pemerintah Daerah. Tentunya hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pada (momentum) Lebaran tahun 2022,” tutupnya. (mg5)

Tinggalkan Balasan