oleh

Tak Hanya Ikut Pulihkan Ekonomi dan Manjakan Pecinta Sneaker, BSS 3.0 Juga Coba Kembalikan Kultur Cibaduyut Sebagai Sentra Sepatu

BANDUNG – Tak hanya memanjakan para pecinta sneakers dengan produk-produk sepatu berkualitas, gelaran Bandung Sneakers Season (BSS) 3.0 juga mencoba mengangkat kembali Cibaduyut sebagai tempat pembuatan sepatu, yang dulu sempat terkenal ke daerah-daerah lain di luar Bandung.

Bandung Sneaker Season 3.0 akan digelar tanggal 22-24 April 2022 di Trans Convention Centre-Trans Luxury Hotel.
Bandung Sneaker Season 3.0 akan digelar tanggal 22-24 April 2022 di Trans Convention Centre-Trans Luxury Hotel.

Bahkan untuk mempertahankan kultur Cibaduyut yang terkenal sebagi sentra sepatu, BSS pun berkolaborasi membuat video dengan melibatkan Blogger Sneaker, Isser James sebagai director video teaser untuk memvisualisasikan Cibaduyut sebegai daerah industry kreatif lokal yang kini hampir tenggelam bahkan dipandang sebelah mata.

Isser mengungkapkan, saat awal ke Cibaduyut, dirinya melihat jika di sentra sepatu itu bukan hanya berjualan produk saja. Namun tak sedikit dari pengrajin sepatu yang ada menjadi bengkel untuk brand lainnya.

”Memang ada kekurangan dari mereka, yaitu tidak tahu cara menjual produk,” terangnya disela acara di The Trans Luxury Hotel, Sabtu (23/4).

Oleh karena itu, dia mengaku kolaborasi yang dilakukan sebagai bentuk marketing serta sebagai salah satu cara belajar bersama mengenai perkembangan sejarah sepatu.
Sementara itu, Perwakilan Maks Promotor acara Aga Wirasembada mengakui jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini pihaknya hanya menargetkan pengunjug sebanyak 15.000 yang datang dalam tiga hari acara.

”Kita hanya taregetka 15.000 dengan asumsi 5.000 orang per hari. Tapi dalam kenyataanya untuk hari pertama hanya 2000 saja yang datang. Untuk hari ini diprediksi dua kali lipat di angka 5.000,” sebutnya.

Menurut dia, target tersebut telah disesuaikan dengan daya tampung dan penerapan protokol Covid-19. Walaupun, diakuinya, secara jumlah sangat jauh jika dibandingkan dengan pengunjung 2019 yang mencapai 25.000 orang.

Kendati demikian, masih tampak ribuan pengunjung yang datang, memadati 70 tenants Sneakers dan Apparel, Brand Lokal, Brand Internasional. Sementara beberapa komunitas yang terlibat di antaranya Komunitas Scooter, Custom Motorbike, Motor Classic, Skate, BMX, Quad, Inline, Hip Hop, Mural, Tamiya, Sneakers dan lainnya.

Komunitas BMX di acara Bandung Sneaker Season (BSS) 3.0 (Foto: Nur Aziz/Jabar Ekspres)
Komunitas BMX di acara Bandung Sneaker Season (BSS) 3.0 (Foto: Nur Aziz/Jabar Ekspres)

”Dalam acara ini kami melibatkan komunitas yang lebih besar dan melibatkan banyak pihak. Harapannya, ini menjadi penyambung silaturahmi komunitas yang selama ini terkendala pandemi,” ujarnya.

Dalam acara yang didukung penuh Lazone.id ini, selain memberikan diskon yang sangat tinggi untuk berbagai produk, acara ini juga banyak menampilkan berbagai hiburan. Terlebih ada berbagai komunitas seperti pecinta tamia dan BMX ikut juga meramaikan acara tersebut.

”Setiap harinya juga dimeriahkan oleh performance dari Mystery Guest di Stage Area. Juga ada keseruan bersama komunitas Scooter dalam Charity Movement. Dimana komunitas yang terlibat dalam event ini akan berbagi dengan saudara-saudara yang membutuhkan,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Brand Promotion Coordinator Lazone.id Bonny Sari Tresno mengaku sangat senang bisa mendukung BSS 3.0. Dia pun berharap acara yang didukung penuh dari Lazone.id, Bank bjb, Blibli, Xendit, AMC dan Yamaha bisa mewadahi kreativitas pelaku usaha dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat.

”Kami akan tetap konsisten dukung BSS dan anak muda kreatif khususnya di Kota Bandung yang sangat-sangat memiliki potensi yang luar biasa terhadap kreativitas apalagi UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang saat ini lagi meningkat,” terangnya. (adv/ziz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga