Ukraina Ajak Rusia Berunding di Mariupol, Ini Alasannya

Jabarekspres – Tim perunding Ukraina pada Rabu (20/4) menawarkan kepada Rusia untuk melakukan perundingan khusus tanpa syarat di Mariupol. Hal itu dimaksudkan agar bisa mengevakuasi pasukan dan warga sipil dari kota pelabuhan yang terkepung.

Anggota perunding Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan di Twitter bahwa perundingan bisa dilangsungkan satu lawan satu. Dua lawan dua.

“Untuk menyelamatkan orang-orang kami, (batalyon kanan-jauh) Azov, militer, warga sipil, anak-anak, orang-orang yang masih hidup dan yang mengalami luka-luka,” cuit Podolyak.

Ukraina pada Rabu (20/4) menuduh pasukan Rusia tidak menjalankan perjanjian gencatan senjata di daerah setempat dalam waktu yang cukup untuk memberi kesempatan bagi perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia dalam jumlah besar untuk meninggalkan Mariupol.

Kota itu sebagian besar sudah luluh lantak karena serangan pasukan Rusia. Para petempur Ukraina yang masih berada di kota tersebut tidak mengindahkan ultimatum dari Rusia agar menyerah. Mereka menyatakan tidak akan berubah sikap.

Seorang anggota senior Batalyon Azov, yang sekarang menggabungkan diri dengan angkatan bersenjata Ukraina serta memimpin gerakan pertahanan di Mariupol, menyatakan menolak tuntutan Rusia untuk meletakkan senjata. Mereka justru menginginkan perjanjian yang memungkinkan para warga sipil pergi dari kota itu.

Gempuran Rusia yang terus menerus serta gencatan senjata yang tidak dijalankan, kata batalyon itu, telah membuat evakuasi mustahil dilaksanakan.

“Karena itu saya meminta agar jaminan-jaminan ini ditegakkan. Hanya dengan bantuan pihak ketigalah para warga sipil bisa meninggalkan daerah ini,” kata wakil komandan Azov, Svyatoslav Palamar, melalui rekaman video.

Azov, kata Palamar, sudah meminta Podolyak dan Arakhamia (perunding lainnya dari Ukraina, Red) untuk datang ke Mariupol guna menjalankan perundingan dengan para negosiator utama Rusia. (jawapos-red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan