oleh

Jokowi Akan Bagikan BLT Minyak Goreng di Kota Bogor, Catat Tempatnya

BOGOR – Presiden Jokowi dijadwalkan akan membagikan BLT minyak goreng di beberapa titik di pasar Kota Bogor, Kamis, (21/4).

Dalam agendanya, Jokowi akan didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor Bima Arya.

Adapun pasar yang akan dikunjungi Jokowi yakni Pasar Sukasari dan Pasar Baru Bogor.

Di lokasi tersebut, Jokowi akan memberikan BLT kepada para pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), dan bantuan kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

PT Pos Indonesia mencatat BLT minyak goreng akan disalurkan kepada 318.148 keluarga penerima manfaat (KPM) di kota dan Kabupaten Bogor.  Penyaluran dilakukan mulai sejak Kamis (14/4/2022) di setiap kelurahan dan desa hingga dua minggu sebelum Lebaran.

Humas Kantor Cabang Utama (KCU) PT Pos Indonesia Bogor Laudi Arima menuturkan, berdasarkan data Kementerian Sosial (Kemensos) yang diterima Kantor Pos sebanyak 318.148 di kota dan kabupaten Bogor. Dengan rincian, 59.294 orang di Kota Bogor dan kabupaten 258.854 orang.

Laudi menerangkan, alur pembagian dilakukan di masing-masing kelurahan dan desa. Pembagian dilakukan oleh petugas pos didampingi petugas kelurahan setempat.

Secara teknis, kata dia, PT Pos akan mencetak wesel untuk menerima BLT. Di wesel atau surat pemberitahuan tertera nominal BLT minyak goreng Rp300.00 ditambah bantuan pangan non-tunai  (BPNT) Rp200.000, juga jadwal waktu pengambilan BLT.

“Dari data yang diterima, penyaluran BLT minyak goreng digabungkan dengan BPNT untuk Bulan Mei, sehingga total yang akan diterima KPM Rp500.000,” terangnya.

Selanjutnya, wesel tersebut akan didistribusikan di masing-masing kecamatan, kelurahan/desa, lalu diteruskan ke RW/RT dan warga.

Laudi mengatakan, bagi warga yang tidak dapat mengambil BLT minyak goreng sesuai jadwal, bisa mengambil langsung ke kantor pos terdekat dengan membawa wesel tersebut.

Sesuai instruksi Pemerintah Pusat, penyaluran BLT harus selesai dua pekan menjelang Lebaran.

Laudi pun memastikan penyaluran BLT di Bogor dapat selesai sesuai jadwal. (RB-red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga