oleh

Dies Natalis ke-40, Unla untuk Indonesia Sehat, Maju, Adil dan Sejahtera

BANDUNG – Universitas Langlangbuana (Unla) sukses menggelar kegiatan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis Unla ke-40 yang dimulai pukul 08.00 -10.00 WIB, Kamis 14 April 2022 di Wisma Buana  Kampus Unla Jalan Karapitan no.116 Kota Bandung. 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring terbatas dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Suntana, M.Si, Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jabar  dan Banten, Dr. M. Samsuri, M. T.

Kegiatan ini juga ditayangkan melalui live streaming youtube Unla TV.
Dies Natalis ke—40 Unla kali ini dengan tema “Universitas Langlangbuana untuk Indonesia Sehat, Maju, Adil, dan Sejahtera“. 

Tema ini sangat relevan dengan situasi masa pandemi yang hingga saat ini, dimana seluruh komponen bangsa tengah berjuang untuk bangkit kembali setelah kurang lebihh  dua tahun lamanya di dera pandemi Covid-19.  
        
Dalam pidatonya, Rektor Unla Dr. H.R.AR. Harry Anwar, Drs., S.H., M.H berharap dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah  pemerintah provinsi sebagai mitra sivitas akademika Unla, untuk selalu berpartisipasi aktif dalam mendukung setiap kegiatan akademis di lingkungan universitas, dalam rangka peningkatan kualitas perguruan tinggi di Indonesia menuju world class university (wcu) di lingkungan Asean. 

“Semua ini bukanlah sebagai sesuatu yang mudah untuk diperoleh, karena dituntut untuk memenuhi  indikator qs world university antara lain; reputasi akademik,reputasi lulusan,rasio fakultas dan mahasiswa,jurnal ilmiah, fakultas internasional,mahasiswa internasional dan student exchange,” ujar Rektor Harry. 

“Indikator ini sebagai acuan dalam  menghadapi globalisasi dan tingkat persaingan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta ditinjau dari kesiapan dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama fasilitas, manajemen maupun sumber daya manusia, sehingga pendidikan indonesia mampu bersaing dan tidak tertinggal dengan negara lain (Asean),” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama , Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Tri Bhakti Langlangbuana (YPTBL) Komjen. Pol. (P). Drs. H. Nana S. Permana, menyampaikan bahwa dalam acara dies natalis yang ke 40 ini, sungguh sangat berbeda dibandingkan dengan acara dies natalis sebelumnya.

“Situasi pandemi Covid-19 ini atau dalam masa transisi dari pandemi ke endemi, Unla menyesuaikan protokol kesehatan, namun tidak mengurangi makna dies natalis,” tuturnya dalam sambutannya.

“Ketua Pembina berharap, setelah pelaksanaan UAS, kita bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka secara penuh, karena bagaimanapun pembelajaran tatap muka akan lebih berkualitas dibanding dengan daring. Pendidikan karakter tidak bisa digantikan dengan mesin,” lanjutnya.

Sedangkan Ketua LLDikti Wilayah IV Jabar dan Banten Dr. M. Samsuri, M.T. menyampaikan selamat dan sukses untuk Universitas Langlangbuana dalam Dies yang ke-40 ini , dan merasa bangga karena Unla terus berkembang pesat, serta mendorong agar Unla dapat terus meningkatkan mutu dan kualitasnya.

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol  Drs Suntana M.Si  dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses untuk Dies Unla yang ke-40. Kapolda  juga menyatakan dan berharap  Unla dapat berperan dalam mencetak generasi muda yang berkualitas  serta turut melaksanakan cita-cita luhur dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, menjaga NKRI, Pancasila dan kebangsaan.

Sidang Senat Terbuka ditutup dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hadir secara virtual menyampaikan selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-40 Unla, dimana kesiapan dalam menghadapi pandemi saat ini mengajarkan kepada kita bahwa infrastruktur dibidang kesehatan mutlak sangat diperlukan.  

Merujuk pada tema Dies Unla menuju Indonesia Maju, Ridwan Kamil menyampaikan perlunya peningkatan SDM, Ekonomi, dan Infrastruktur di Jawa barat. Dalam orasi juga, Ridwan kamil menyampaikan konsep sejahtera dalam pengentasan kemiskinan  ada tiga hal yaitu, ekonomi lapisan bawah diberikan Subsidi, ekonomi lapisan menengah diberikan kesempatan lapangan pekerjaan, dan ekonomi atas didorong untuk bergerak mengembangkan kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja.

Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-40 Unla tahun 2022 selain Sidang Senat Terbuka, juga telah dilaksanakan ziarah kubur ke makam salah satu pendiri Unla Almarhum Brigjen Pol (P)  Drs Dudung Abubakar di TMP Cikutra Bandung. (bbs) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga