Sehari Jadi Wali Kota Bandung Definitif, Yana Mulyana Langsung Lantik 130 Pejabat

BANDUNG – Wali Kota Bandung Definitif Yana Mulyana yang baru saja dilantik pada Senin (18/4) oleh Gubernur Ridwan Kamil, kini langsung lantik 130 pejabat.

Pelantikan tersebut untuk mengisi jabatan yang kosong selama ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali kota Bandung.

Kini Yana memiliki keleluasaan untuk melantik, karena sebelumnya ia harus meminta izin dari Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan pelantikan.

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari surat Pemerintahan Kota tanggal 28 Desember 2021 yang sudah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Pelantikan Kepala Sekolah, Pengawas (sekolah), ini kan tindak lanjut dari surat pemerintahan kota tanggal 28 Desember 2021 yang kita ajukan ke Kementerian Dalam Negeri untuk meminta izin, saya sebagai Plt melantik, tapi kan ternyata belum keluar izinnya,” ujar Yana kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (19/4).

“Makanya setelah definitif boleh melantik sendiri ya sudah kita lantik saja, karena memang cukup banyak jabatan-jabatan yang kosong, dengan harapan untuk mempercepat akselerasi pembangunan Pendidikan Kota Bandung,”  tambahnya.

Dari total 130 pejabat yang dilantik, Yana menegaskan bahwa kali ini tidak ada pejabat yang memegang jabatan ganda.

“Tidak ada (lagi yang rangkap jabatan). Makanya itu kita luruskan, karena waktu itu sebenarnya Plt juga bisa melantik, tapi seizin Kemendagri, nah kemarin ‘kan izinnya belum keluar. Makanya hari ini kita lantik. Mungkin dalam waktu dekat akan diadakan kembali, mutasi rotasi mah hal yang lumrah ya,” ungkapnya.

Wali Kota Bandung berharap, agar 130 pejabat yang di lantik, aktif mengusung inovasi agar mengejar ketertinggalan karena pandemi.

“Kan mau PPDB juga sudah masuk endemi ya, kalau saya inginnya mereka terus berinovasi mengejar ketertinggalan supaya pembelajaran yang disampaikan ke anak didik bisa jauh lebih efektif dan baik. Jadi kalau bisa lebih kreatif,” tuturnya.

Tak hanya itu, semangat dan optimisme Yana tidak surut dengan banyaknya program yang harus dituntaskan juga sisa masa jabatan singkat 17 bulan ini.

“Insya Allah (siap), dengan kebersamaan dan didukung semua pihak, saya optimis lah insya Allah,” tandas Yana.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan