Hindari Sahur yang Tidak Sehat Bagi Tubuh, Ini Penjelasan dr. Zaidul Akbar

Jabarekspres.com – Untuk menjalani puasa di bulan suci Ramadhan sebaiknya Anda hindari sahur yang tidak sehat bagi tubuh.

Seperti apa sahur yang tidak sehat bagi tubuh? Ketika mengonsumsi makanan yang kurang nutrisi untuk bekal energi saat puasa.

Padahal, sahur merupakan waktu yang tepat untuk mengisi tubuh dengan bahan bakar makanan yang sehat, sehingga tubuh tidak terasa lemas selama puasa.

Melansir dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar pada Minggu (17/4), berikut ini penjelasan tentang sahur yang tidak sehat bagi tubuh.

Menurut dr. Zaidul Akbar, sahur yang tidak sehat bagi tubuh yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, tinggi gula dan berbahan dasar tepung.

“Jangan lagi konsumsi makanan-makanan yang tidak sehat ketika sahur. Maksudnya tidak sehat seperti apa? makanan tinggi kalori, tinggi gula, seperti gula pasir dan segala bentuknya, mungkin ada kue-kuean, tepung-tepungan,” kata dr. Zaidul Akbar.

Selanjutnya, berbagai jenis makanan yang tinggi lemak seperti menggunakan minyak goreng dalam mengolahnya.

“Kemudian makanan-makanan yang tinggi lemak. Jadi kalau sahur usahakan jangan ada lemak-lemak yang berasal dari goreng-gorengan, katakanlah menggunakan minyak goreng, apa saja bentuknya,” sambungnya.

Kemudian, hindari makanan yang kurang serat, sedikit vitamin dan enzim. Padahal, orang masih jarang mengetahui kalau sahur merupakan waktu mengisi bahan bakar agar badan tidak lemot dan lesu saat puasa.

“Yang ketiga makanan-makanan yang miskin serat, miskin vitamin, miskin enzim, sayang kalau waktu sahur yang kita mempersiapkan ibaratkan kita tangki bahan bakar kita sedang dipersiapkan untuk memasukan makanan persiapan pada hari itu, malah justru di isi dengan makanan-makanan yang membuat lemot badan atau mesin tubuh kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pada waktu sahur perbanyak minum air putih, bisa tambah dengan madu dan masukan garam mineral yang sehat.

“Maka sebaiknya di waktu sahur ini kita mulai memperbanyak air putih misalkan, dan air putih bisa kita toping bisa kita modifikasi sedikit dengan cara apa? air putihnya kita tambahkan madu, kita tambahkan garam mineral yang sehat,” tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan