Kemasan Primer Adalah? Ini Pengertian, dan Manfaatnya

Jabarekspres.com – Sempat mendengar istilah kemasan primer atau masih asing? Bila belum berikut ini penjelasan dan apa saja sih manfaatnya.

Biasanya istilah dari kemasan primer ini selalu bersanding dengan dua istilah lainnya. Yakni kemasan yang sekunder dan juga kemasan tersier.

Bila membahas soal kemasan tentu hampir semua orang sudah tahu. Kemasan merupakan pembungkus sebuah produk yang diperjualbelikan.

Salah satu fungsi dari kemasan membantu dalam melindungi isi produk dari produsen. Baik itu yang siap dikonsumsi maupun berbentuk benda.

Dengan pengemasan, produk tak hanya terhindar dari kerusakan seperti jatuh, tetapi juga terhindar dari cuaca, hujan, dan kontaminasi kotoran.

Lalu apa yang dinamakan dengan kemasan primer?

Kemasan ini merupakan salah satu kategori bahan pengemasan untuk melindungi produk sehingga akan tetap bagus sampai ke tangan para konsumen.

Kemasan primer adalah pembungkus yang secara langsung bersentuhan dengan produk. Dalam bahan plastik kemasan ini bisa menjadi banyak bentuk.

Yang paling banyak penggunaannya adalah bentuk sachet, dan standing pouch. Jadi produk yang secara langsung menyentuh permukaan pembungkus disebut kemasan primer.

Seandainya dirata-ratakan kemasan ini menjadi salah satu pembungkus yang pasti ada pada hampir semua produk. Pasalnya, dari segi bentuk sangat fleksibel.

Lalu apa sih manfaatnya?

Kemasan ini tidak hanya sebagai alat yang melindungi produk. Pembungkus dengan istilah primer juga berfungsi sebagai media komunikasi produk ke pelanggan.

Maksudnya dibagian luar memberikan informasi yang berkaitan dengan produk seperti nama produk, komposisi, tanggal pembuatan, cara pemakaian/penggunaan, dan sebagainya.

Meski memiliki banyak manfaat tetapi perlu diingat juga ada beberapa hal yang harus dihindari dalam memilih pengemasan dengan pembungkus primer ini.

Utamanya untuk kemasan yang berwarna polos, transparan, bahkan hanya menggunakan lem saja. Kemasan primer yang seperti itu tidak bisa memberikan proteksi secara maksimal.

Karena tidak ada fitur unggul untuk melindungi produk dari cahaya matahari, atau udara. Kemasan polos dan transparan seperti itu juga akan menyulitkan produsen untuk menarik minat pelanggan.

Hal ini tentu saja menjadi suatu perkara yang akan memberikan kemunduran usaha karena pelanggan sulit mengenali merek dari produk.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan