Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran, Ini Rumusnya!

Jabarekspres.com – Berbagai bentuk pecahan dalam matematika seperti pecahan biasa, campuran, desimal dan persen dapat diubah menjadi bentuk pecahan lain. Sudah tahu bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran?

Jika belum tahu cara mengubahnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Kita tentunya sudah mengenal bilangan pecahan murni, yaitu bilangan pecahan yang  pembilangnya kurang dari penyebutnya.

  1. Mulai dengan pecahan biasa terlebih dahulu. Contohnya 17/5. Ini merupakan pecahan biasa karena pembilangnya 17, lebih besar dari penyebutnya 5. Kamu bisa mengibaratkan sebagai 17 dibagi 5 (17:5).
  2. Hitung pembagian 17:5, maka Anda akan mendapatkan 3 dan sisa 2.
  3. Dari hasil tersebut, ambilah 3 sebagai bilangan bulat dan 2/5 sebagai pecahan. Di mana 2 menjadi pembilang.
  4. Maka, kamu bisa menuliskan pecahan campurannya yaitu 3 2/5.

Cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran ternyata sangat mudah. Kamu hanya perlu membagi pembilang dan penyebut, lalu setelah itu bisa mengubahnya ke dalam bentuk pecahan.

Dikutip dari berbagai sumber, diketahui pecahan biasa merupakan pecahan yang memiliki angka atas lebih besar daripada angka bawahnya, seperti 5/2.

Sedangkan pecahan campuran terdiri dari angka bulat dan pecahan, seperti 21/2. Biasanya lebih mudah untuk membayangkan 21/2 piza daripada “lima per dua” piza.

Keterampilan untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran sangat berguna. Pembagian adalah cara tercepat untuk melakukannya. (bbs/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan