Wiraswasta Adalah? Ini Bedanya dengan Wirausaha

Jabarekspres.com – Ada yang sudah tahu wiraswasta adalah apa? Terus adakah yang sejauh ini masih mengira bila maknanya sama dengan arti dari wirausaha?

Ya, istilah di atas mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Bagi yang bergelut di bisnis atau concern di bidang ekonomi pasti tahu kan pengertiannya.

Nah, bila mengacu kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, wiraswasta adalah orang-orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru.

Selain itu, juga diartikan orang yang dapat menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Dalam pengertian yang lain istilah ini bukanlah hal yang mengarah pada profesi seseorang. Melainkan karakter yang dimiliki seseorang dalam mencari peluang usaha.

Dari pandangan Ahli Ekonomi seorang wiraswasta memiliki karakteristik seperti berpandangan luas, percaya diri, ulet dalam hal mental, serta lincah berusaha.

Selain itu, tindakannya juga dapat mengkoordinasi sumber daya alam, energi, dan juga manusia menjadi produk dan jasa bernilai ekonomi.

Sederhananya yang dimaksud wiraswasta adalah seseorang yang mampu berinovasi dan berani menanggung risiko. Selain itu, juga dapat mengelola usahanya untuk mencapai keuntungan.

Nah sekarang sudah tahu kan apa artinya. Lantas apa bedanya dengan wisausaha? Mari disimak penjelasan di bawah ini.

Pada prinsipnya kedua istilah di bidang ekonomi ini memiliki sedikit perbedaan. Meskipun menurut KBBI diksi wirausaha merupakan padanan kata dari wiraswasta.

Wirausaha diartikan sebagai orang yang memiliki keterampilan dalam mengelola dan mengembangkan usaha. Wirausaha biasanya fokus dalam menjalani beragam jenis bisnis.

Namun, umumnya bisnis yang digeluti saling beririsan. Wirausaha juga dituntut memiliki visi jangka panjang dalam mengembangkan bisnis.

Dihimpun dari berbagai sumber ini beberapa perbedaan yang signfikan antara dua istilah itu.

1. Kepemilikan Aset

Aset ini adalah modal dana dan perannya dalam pengambilan keputusan. Seorang wirausaha akan terlibat secara relatif hanya pada kegiatan operasional. Sedangkan, wiraswasta memiliki aset sendiri.

2. Fokus Usaha

Wirausaha punya fokus usaha mencakup keseluruhan waktu di hidupnya. Dalam artian, tidak terikat pihak lain dan seluruh waktunya untuk usahanya. Sedangkan, wiraswasta hanya pada sebagian waktu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan