Setelah Minyak, Giliran Harga Gula Pasir yang Naik Capai Rp15.850 Per Kilogram

JABAREKSPRES.COM – Mendekati pertengahan Ramadan, banyak harga kebutuhan pokok yang naik. Salah satunya gula pasir, kenaikan bahkan diketahui merata terjadi hampir di seluruh pasar di Indonesia.

Tingginya kenaikan harga gula pasir bervasiasi dan berbeda dimasing-masing wilayah, tergantung harga dari pemasok juga lokasi dan distribusi.

Dipantau dari Hargapangan.id harga gula pasir terlihat mulai naik terjadi sejak awal Ramadan. Memasuki minggu kedua Ramadan harga gula pasir terus mengalami kenaikan.

Harga gula pasir premium saat ini merata di seluruh Indonesia Rp15.850 per kilogram, padahal sebelumnya harga gula pasir berada pada angka Rp12.500.

Kenaikan juga terjadi di provinsi  Papua Barat, bahkan harga gula pasir di daerah ini menjadi harga tertinggi dibanding propinsi lain, yakni mencapai  Rp18.750 per kilogram, sementara harga terendah ada di Provinsi Kepulauan Riau, yakni Rp12.300 per kilogram.

Selain gula pasir premium, gula pasir lokal juga mengalami kenaikan, meski tak setinggi yang premium. Harga gula pasir lokal dipatok Rp14.850 per kilogram atau naik Rp100 per kilogram dari harga kemarin.

Harga gula pasir lokal tertinggi di Papua Barat yakni Rp17 ribu per kilogram, sementara terendah di Kepulauan Riau Rp11.550 per kilogram.

Di DKI Jakarta harga gula pasir lokal dibanderol Rp14.850 per kilogram.

Kenaikan tersebut diprediksi akan terus merangkak, mengingat tingginya kebutuhan akan gula saat menjelang lebaran. Maraknya industri kue lebaran musiman yang menjadikan tingkat permintaan tersebut naik cukup tinggi. (jpnn/rit)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan