Gitar Ikonik Kurt Cobain Dilelang 11 Miliar, Ada yang Minat?

Jabarekspres.com — Nama Kurt Cobain tentunya tidak asing bagi para pecinta musik bergenre grunge.

Karya-karya dari musisi yang dipuja bak dewa dan dicerca bak bandit ini mempunyai kesan tersendiri bagi para penggemarnya.

Para penggemar musik punk tentu setuju bahwa Kurt Cobain adalah sosok pemberontak yang menikmati musik dengan cara ngeyel.

Bagaimanapun, popularitas Kurt Cobain sudah tidak lagi diragukan.

Ia adalah satu-satunya musisi yang menjadi pesaing berat popularitas John Lennon.

Cobain mempunyai gaya bermusik yang sangat khas bagi para pengamat maupun pecinta musik.

Belum lama ini sebuah kabar mengatakan bahwa salah satu peninggalan pemusik legendaris dari Nirvana akan dilelang.

Suatu perusahaan lelang yang berbasis di Inggris, Julien Auctions kabarnya akan melelang gitar andalan vokalis Nirvana itu.

Adapun instrumen yang akan dilelang itu adalah gitar biru ikonik yang dimainkan Kurt Cobain dalam karyanya yang terkenal berjudul “Smells Like Teen Spirit” yang sempat menjadi sorotan pada ’90-an.

Melansir Reuters, gitar biru ikonik itu diperkirakan akan terjual pada kisaran harga $800.000 yang rencananya akan digelar pada bulan depan.

“Ini adalah salah satu gitar paling ikonik yang pernah datang ke blok lelang, ini adalah gitar Mustang Fender biru, salah satu gitar favorit Kurt Cobain sepanjang masa,” kata direktur eksekutif Julien’s Auctions Martin Nolan, dikutip dari Reuters, Selasa (12/4/2022).

Ia menyebut bahwa gitar Cobain ini menjadi bintang utama dalam acara lelang Ikon Musik rumah lelang Auctions, yang akan berlangsung di New York dan digelar secara dari dari 20-22 Mei.

Pihaknya telah memperkirakan bahwa gitar ikonik Cobain itu terjual dengan harga 11 miliar lebih, atau 800.000 dolar Amerika.

Dalam video musik “Smells Like Teen Spirit”, Cobain yang bermain dengan tangan kidal memainkan gitar Fender Mustang 1969 miliknya dengan warna biru Competition Lake Placid dengan headstock yang serasi.

Cobain sendiri pernah mengatakan pada 1992 bahwa gitar Fender Mustang 1969 berwarna dasar biru itu adalah gitar yang paling ia senangi dari gitar-gitar yang ada.

Dua tahun setelah itu, Kurt Cobain meninggal usai melakukan bunuh diri, yakni pada 1994.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan