6M Dalam Wirausaha, Apa Saja Itu?

Jabarekspres.com – Ketika Anda hendak memulai untuk wirausaha, maka perlu mengenal tentang 6M.

Perlu diketahui, 6M adalah salah satu kunci manajemen, yang dapat digunakan jika Anda ingin mencoba merintis suatu usaha.

Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika usaha yang Anda rintis nanti akan berjalan dengan lancar, serta dapat menghadapi setiap rintangan.

Sebagaimana dilansir dari gobiz pada 21 Maret 2021, berikut ini penjelasan tentang 6M.

1. Money

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah modal atau uang, memang uang sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha yang baru saja Anda rintis.

Tanpa adanya anggaran uang yang cukup, maka proses manajemen usaha tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Jika anggaran uang tidak mencukupi, kegiatan usaha bisa tersendat dan menimbulkan masalah di tengah jalan.

2. Man

Untuk menjalankan manajemen dengan baik, harus sangat memperhatikan sumber daya manusia yang Anda miliki.

Man memiliki makna sumber daya manusia. maka untuk menjalankan suatu program usaha atau manajemen membutuhkan orang yang melaksanakannya.

Supaya program manajemen dapat berjalan dengan baik, diperlukan orang-orang yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing.

Oleh karena itu, kualifikasi sumber daya manusia harus diperhatikan supaya mendapatkan orang yang benar-benar berkompeten.

Maka hal pertama adalah kemampuan yang dibutuhkan, sangat penting untuk memperhatikan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh sumber daya manusia tersebut.

Lalu, hal kedua adalah posisi yang dibutuhkan. Untuk mengisi posisi tersebut tentunya harus mencari sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan di bidang posisi tersebut.

Kemudian, yang ketiga adalah jumlah sumber daya yang dibutuhkan. Sumber daya manusia yang direkrut harus dengan kebutuhan. Jangan sampai, jumlah sumber daya yang direkrut kurang dari kebutuhan.

3. Machine

Dengan adanya bantuan mesin, pekerjaan yang sulit dapat dikerjakan dengan lebih mudah dan menghemat waktu produksi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sudah banyak mesin yang modern dan disesuaikan dengan kegiatan produksi yang dibutuhkan.

Selain itu, dengan menggunakan bantuan mesin, hasil produksi juga akan lebih detail dan rapi.

Tingkat kesalahan yang dilakukan juga akan jauh lebih kecil dibandingkan ketika dilakukan oleh manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan