Apakah Membangunkan Orang Sahur Mendapat Pahala? Ternyata Iya Lho!

Sudah barang tentu dapat menjadi slaah satu perbuatan yang bisa anda lakukan sepanjang ramadhan tiba seperti pada doa pengampunan dosa .

3. Mendapat Keberkahan

Maka orang-orang juga berusaha sahur dengan baik. Dicarilah cara agar bisa bangun tengah malam.

Dicarilah pula yang cepat bisa dikerjakan dalam waktu yang tidak terlalu lama karena saat imsak yang merupakan batas akhir makan sahur kurang lebih jam empat pagi.

Jam berapa orang harus bagus sahur dan memasak bahan makanannya? Ia harus bangun antara jam 2 atau 3 malam. Memasak yang cepat kurang lebih setengah jam.

Kemudian dinikmati dengan menyantapnya sekitar 30 menit. Sulit, namun berpahala dan mendatangkan berkah.

4. Membantu Orang Lain Meraih Kesmpurnaan Puasa

Puasa tentu bukan enjadi penghalang bagi kita untuk dapat elakukan berbagai kegiatan dan aktivitas sebagaimana biasanya.

Sahur akan dapat membantu kita menguatkan diri dalam menghadapi aktivitas dengan tetap semangat.

Nilai inilah yang kemudian terkandung dalam sebuah perbuatan membangunkan orang sahur akan membantu mereka dapat meraih kesempurnaan puasa tanpa di ganggu dengan rasa lapar dan haus.

Al-Hâfizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata,

“Keberkahan dalam sahur muncul dari banyak sisi, yaitu (karena) mengikuti sunnah, menyelisihi ahli kitab, memperkuat diri dalam ibadah, menambah semangat beraktifitas,”

“Mencegah akhlak buruk yang diakibatkan rasa lapar, menjadi pendorong agar bersedekah kepada orang yang meminta ketika itu atau berkumpul bersamanya dalam makan dan menjadi sebab dzikir dan doa di waktu mustajab. [Khulâshatul Kalâm Syarh Umdah al-Ahkâm, hlm. 111]

5. Membantu Orang Lain Agar Tidak Terlambat Sahur

Keberkahan sahur yang bersifat duniawi adalah menikmati makanan dan minuman yang halal yang disukainya dan dapat menguatkan orang yang berpuasa serta menambah semangat untuk melakukan ketaatan selama berpuasa.

Demikian juga terjaga kekuatan badan dan semangat aktifitasnya.

Hal ini tentu semakin menjadi motivasi bagi diri kita untuk membangunkan orang sahur, agar mereka tidak terlambat sahur.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan