Sedekah di Bulan Ramadhan Dahsyat, Berikut Ini Deretan Keutamaannya

Jabarekspres.com – Sedekah di bulan Ramadhan ternyata memiliki banyak keistimewaan. Wajar bila banyak kaum muslimin ada yang gemar untuk melakukannya.

Bila ada masyarakat yang sejauh ini masih belum mengetahui apa saja keutamaan dari sedekah di bulan Ramadhan mari kita simak penjelasan di bawah ini ya.

Sebagaimana diketahui bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Setiap amalan yang kita kerjakan di bulan ini akan mendapatkan pahala yang berlipat.

Lantas apakah ini berarti sedekah di bulan Ramadhan juga demikian? Ya, pahala berlipat juga berlaku ketika ada di antara kita bersedekah di bulan yang penuh rahmat ini.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedekah memiliki makna yakni pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya.

Sedekah ini disebutkan juga merupakan amalan di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberinya.

Lalu apa saja keutamaan sedekah di bulan Ramadhan termasuk bila diamalkan pada tahun ini? Berikut ini deretan keutamaannya.

1. Sedekah Mampu Menghapus Dosa

Rasulullah SAW bersabda:

”Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“. (H.R. At-Tirmidzi)

Semakin banyak kita bersedekah, insyaAllah semakin banyak pula dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.

2. Sedekah Mendapatkan Keberkahan Harta

Banyak orang yang ingin bersedekah namun hatinya bimbang karena takut kehilangan hartanya. Padahal, Allah SWT berfirman:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’ : 39).

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid : 18)

Jika manusia bersedekah, maka Allah SWT akan menggantinya. Allah tentunya akan memberikan apa yang terbaik kepada hamba-Nya, kita sebagai manusia hanya perlu mengimaninya.

3. Terdapat Pintu Surga Bagi yang Gemar Sedekah

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan