Berikut Isu Masalah Tenaga Kerja di Indonesia

Jabarekspres.com – Kondisi tenaga kerja di Indonesia saat ini banyak yang didominasi oleh talenta muda yang memiliki kemampuan luar biasa dibanding generasi sebelumya. Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi.

Namun kekurangan tenaga kerja di Indonesia, mereka tidak memiliki loyalitas tinggi. “Ini harus kita fasilitasi dengan menerapkan regulasi yang cukup,” ujar Anwar, Minggu (3/4).

Anwar menyebut, ada empat isu besar yang sangat erat kaitannya agar situasi ketenagakerjaan bisa kembali meningkat.

Isu yang pertama, adanya peningkatan lapangan kerja yang berkelanjutan dalam menghadapi perubahan dunia kerja.

“Pandemi dari Covid-19 ini telah memberikan dampak yang sangat signifikan pada sektor ketenagakerjaan. Oleh karena itu, setelah pandemi ini berakhir, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang berkelanjutan,” katanya.

Isu kedua adalah pasar kerja yang inklusif dan afirmatif bagi pekerja penyandang disabilitas.

“Kita akan dorong pasar kerja ini, menginklusifkan penyandang disabilitas yang memiliki hak dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” ucapnya.

Ketiga, melalui peningkatan kapasitas SDM untuk pertumbuhan produktivitas yang berkelanjutan antara Kemnaker dan Kemendikbudristek.

Menurutnya, kondisi saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik melalui pendidikan dan keterampilan yang semakin meningkat.

Keempat adalah perlunya perlindungan tenaga kerja yang adaptif dan inklusif dalam merespon dunia kerja yang terus berubah.

“Pada intinya, di manapun seseorang bekerja perlindungan sosial ketenagakerjaan harus tetap menyertai,” pungkas Anwar. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan