Berbahaya, Hindari Minum Ini Saat Berbuka Puasa

JABAREKSPRES.COM – Buka puasa adalah saat yang sangat dinantikan untuk muslim yang berpuasa. Aneka minuman ditawarkan untuk dapat melepaskan dahaga. Namun ada beberapa minuman yang berbahaya bila di minum saat berbuka puasa.

Beberapa minuman tersebut sangat tidak direkomendasikan diminum dalam kondisi perut kosong. Apalagi selamat puasa, perut tidak terisi apapun selama lebih dari 12 jam.

Berikut beberapa minuman yang berbahaya tersebut, lengkap dengan penjelasannya, seperti dilansir dari laman genpi.com.

1. Minuman bersoda

Soda atau minuman berkarbonasi tidak baik untuk dikonsumsi kapan pun, apalagi saat perut kosong setelah seharian berpuasa.

Selain meningkatkan risiko obesitas, kandungan asamnya bisa bercampur dengan asam lambung sehingga menyebabkan mual dan timbunan gas di perut.

2. Minuman dingin

Banyak orang memilih minuman dingin sebagai menu andalan saat berbuka, karena menyuguhkan kesegaran, apalagi setelah seharian mulut dan tenggorokan terasa kering.

Padahal, meminum minuman dingin saat perut kosong bisa merusak selaput lendir dan membuat kerja sistem pencernaan melambat.

3. Kopi

Kopi memang bisa membantu mengatasi rasa kantuk saat dikejar deadline, tetapi kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, setelah seharian perut kosong.

Pasalnya, zat dalam kopi bisa merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas dan berakhir pada penyakit mag.

Untuk berbuka puasa, hendaknya diawalli dengannya minuman hangat, seperti teh manis hangat atau air putih hangat, selanjutnya bisa konsumsi minuman sehat lainnya seperti jus buah, smoothie, sirup dan lainnya. (genpi/jpnn/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan