Pernah Nyeri Dada yang Menjalar ke Punggung? Begini Penjelasan Dokter

Jabarekspres.com – Nyeri dada hingga menjalar ke punggung, merasa pusing hingga tenggorokan merasa kering, selain itu, lidah tidak mampu mencicipi rasa masakan alias hambar kala makan atau minum.

Kondisi nyeri dada tersebut dikeluhkan salah seorang penanya di laman resmi sebuah layanan telemedicine Alodokter, terkait dengan kondisi yang dialaminya.

Menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa kondisi yang digambarkan ini tidaklah spesifik, yang artinya dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

“Kondisi yang Anda alami bukan merupakan gejala yang spesifik dan bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyakit,” kata dr. Amadeo Drian Basfiansa yang dikutip dari Alodokter.

Menurutnya, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit asam lambung, iritasi lambung, infeksi virus selain juga dikarenakan radang tenggorokan.

Oleh sebab itu, dr. Amadeo menyarankan untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat.

Dia menjelaskan, selain yang disebut di atas, juga masih bisa disebabkan oleh kondisi lain, dan akan sangat tergantung dengan hasil pemeriksaan tenaga kesehatan.

“Saran kami, bila kondisi ini sudah cukup mengganggu, periksakan diri Anda pada dokter umum di klinik atau puskesmas terdekat untuk dilakukan penggalian riwayat mendalam,” ujarnya.

Dengan begitu, dokter nantinya akan mampu melakukan diagnosa, dan menentukan jenis perawatan yang paling tepat.

Dia menyebut ciri seperti di atas, umumnya bisa diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari beberapa jenis makanan yang mungkin jadi pemicunya.

“Hindari dulu makanan pedas, asam, berminyak dan kopi, istirahat yang cukup, kelola stress dengan baik, dan boleh konsumsi obat terkait gejala yang dijual bebas, dengan membaca aturan pakai yang tertera,” sarannya. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan