Mari Mengenal Lebih Dalam Tentang Bedah Plastik

Jabarekspres.com –  Istilah operasi plastik maupun bedah plastik bukan hal baru bagi sebagian besar masyarakat. Belakangan, operasi plastik menjadi tren, termasuk di kalangan selebriti. Kepala Departemen Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, Dr Ahmad Fawzy, menjelaskan. Bedah merupakan cabang ilmu kedokteran yang di dalam prosesnya memakai ketrampilan tangan si dokter untuk membuat perlukaan pada jaringan pasien.

Sementara, kata plastik pada bedah plastik berasal dari Yunani kuno, plasticos yang memiliki arti mudah di ubah atau mudah berubah-ubah. “Artinya, (bedah plastik) cabang dari ilmu kedokteran yang di dalam prosesnya memanfaatkan ketrampilan tangan si dokter untuk membuat irisan atau perlukaan dengan memanfaat sifat atau katakter dan potensi fleksibilitas jaringan pasiennya yang di pakai untuk tujuan tertentu,” kata Fawzy saat di hubungi Kompas.

Pada abad ke 19 dan 20, bedah plastik sudah menjadi praktik yang umum. Di mulai oleh seorang dokter bedah plastik pertama di Amerika yaitu dr. John Peter Mettauer dengan melakukan pembedahan pada langit-langit mulut sumbing. Kontribusinya memang cukup besar, namun yang di anggap Bapak Operasi Plastik Modern adalah Sir Harold Gillies karena beliau berhasil mengembangkan berbagai teknik lain dalam operasi plastik.

Jenis bedah plastik secara umum di bagi dua jenis berdasarkan tujuan pembedahan itu sendiri, yakni pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik.

Bedah estetik di tujukan pada pasien-pasien normal dan sehat, namun merasa bentuk tubuh yang d imiliki kurang baik atau harmonis. Misalnya mempunyai hidung yang kurang mancung, ingin melebarkan kelopak mata, memperbesar/memperkecil payudara, memperbesar/memperkecil pantat, liposuction alias membuang lemak di perut, dan sebagainya. Mereka berharap dengan adanya bedah plastik ini mereka bisa mendapatkan bentuk tubuh yang mendekati sempurna.

Banyak orang terutama wanita-wanita di kota besar memandang operasi plastik untuk tujuan estetika bukanlah sesuatu yang tabu dan menakutkkan lagi. Karena masalah kecantikan adalah masalah sensitif dan penting, bedah plastik estetik seolah menjadi solusi instan untuk penampilah yang lebih sempurna.

Apa saja efek samping dari bedah plastik/operasi plastik?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan