Adakah Cara Lain Memasak Tanpa Minyak Goreng?

Jabarekspres.com – Di lansir dari Bobo grid, Harga minyak goreng melambung tinggi di pasaran. Harga minyak goreng terus naik dan di sebut tidak akan turun hingga bulan Maret 2022. Minyak goreng merupakan salah satu barang yang menjadi kebutuhan sehari-hari untuk memasak. Namun apa ada cara lain memasak tanpa minyak goreng?

Banyak masakan sehari-hari yang di olah dengan cara di goreng, sehingga minyak goreng termasuk kebutuhan dapur yang selalu di perlukan. Namun, saat harga minyak goreng naik, menggunakan minyak goreng berlebihan akan membuat boros.

Namun melihat kondisi minyak goreng saat ini, dengan harga yang mulai melonjak, tidak ada salahnya untuk mencoba metode lain dalam memasak. Cara ini selain menjadi alternatif, juga bisa mengurangi dampak buruk terlalu sering mengonsumsi makanan di goreng.

Sebab, terlalu banyak makan makanan yang di goreng tidak baik bagi kesehatan. Di kutip dari Healthline, makanan yang di goreng memiliki lemak dan kalori yang lebih tinggi secara signifikan daripada makanan yang tidak di goreng. Makanan yang di goreng akan di masak pada suhu sangat tinggi, sehingga makanan tersebut kemungkinan besar tinggi lemak trans. Sedangkan, lemak trans berkaitan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Di lansir Kompas, berikut cara lain memasak tanpa minyak goreng yang di jamin dapat mengubah pola makan dan pola hidup.

  • Tumis

Untuk membuat masakan menjadi gurih, tidak melulu harus di goreng. Anda bisa membuat masakan dengan cara menumis. Cara ini hanya membutuhkan sedikit minyak atau cairan lain seperti kaldu atau air dan beberapa bumbu lainnya. Metode ini bisa di lakukan untuk banyak jenis makanan termasuk sayuran hijau, jamur, paprika, dan tahu. Kelebihannya, cara masak ini tergolong cepat sehingga nutrisi dan kesegaran makanan masih terjaga utuh.

  • Di kukus

Berikutnya adalah di kukus. Memasak dengan cara di kukus memiliki keunggulan dari segi kesehatan. Karena itu, makanan yang di kukus cukup identik dengan orang yang sedang menjalani diet atau tengah sakit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan