Adakah Cara Lain Memasak Tanpa Minyak Goreng?

Kendati begitu, bukan berarti masakan yang di kukus kalah lezat di bandingkan masakan yang di goreng. Mengukus sayuran bermanfaat membuatnya lebih empuk, cerah, beraroma, dan mempertahankan sebagian besar nutrisinya. Dengan kombinasi bumbu yang tepat, makanan kukus tidak akan lagi terasa hambar atau membosankan.

  • Di panggang

Ketika menjumpai masakan dengan bahan daging, menggoreng adalah pilihan yang paling mudah. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif lain dengan cara di panggang. Tak jauh berbeda dengan di goreng, memasak dengan cara di panggang juga cukup mudah dan prosesnya tidak terlalu lama.

Selain itu, keunggulan dari masakan yang di panggang adalah rasanya yang lebih orisinal, kaya sekaligus memberikan sensasi smooky. Metode memasak di panggang juga tidak hanya berlaku bagi daging-dagingan. Sayuran yang di panggang juga terasa manis dan renyah karena efek karamelnya. Sedangkan tahu, tempe dan daging terasa lebih lezat dan lebih sehat. Tipsnya, rendam masakan yang akan di panggang dalam bumbu selama 30 menit sebelum di panggang.

  • Roasting dan baking

Roasting dan baking adalah metode memasak yang memanfaatkan oven. Cara ini juga bisa di lakukan sebagai pilihan memasak tanpa minyak goreng. Roasting bisa di lakukan menggunakan oven bersuhu tinggi sehingga makanan menjadi karamel. Cara ini jauh lebih praktis dan aman karena kebanyakan oven di lengkapi dengan timer sehingga bisa di tinggal.

Aduk dengan sedikit minyak dan bumbui dengan rempah favorit Anda kemudian panggang bahan makanan yang di sukai. Makanan yang di-roasting akan lebih cepat empuk di bagian dalam namun renyah di bagian luarnya. Sedangkan baking adalah metode memanggang dengan oven sampai makanan tersebut benar-benar renyah dan crispy.

  • Braising dan Stewing

Terakhir ada metode braising dan stewing. Metode ini di lakukan dengan cara mengolah bahan makanan secara perlahan dalam cairan beraroma. Namun, untuk memasak dengan cara ini, membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari 15 menit atau bahkan bisa berjam-jam. Kendati begitu, hasil makanan yang dimasak dengan cara braising dan stewing, memiliki tekstur yang lembut, empuk, dan kaya rasa. Keunggulan lainnya adalah nutrisi yang di kandung dalam makanan juga lebih terjaga di bandingkan menggoreng.

Tinggalkan Balasan