Anda Mengalami Quarter Life Crisis? Ini Cara Menghadapinya

Jabarekspres.com- Pernahkah anda mendengar istilah quarter life crisis? Istilah ini jika di bahasa Indonesiakan mempunyai arti krisis seperempat abad. Lalu apa itu quarter life crisis dan cara menghadapinya? Berikut penjelasannya.

Mengutip dari laman alodokter Quarter life crisis adalah periode atau masa seseorang berumur tahun merasa tidak memiliki arah, khawatir, bingung, dan galau akan ketidakpastian kehidupannya di masa depan.

Kekhawatiran dan kebingunggan ini biasanya dalam masalah hubungan atau relasi, kehidupan percintaan, karir dan kehidupan sosial sehari-hari.

Tak hanya khawatir tentang segala hal yang tadi, terkadang orang yang mengalami quarter life crisis bisa juga yang merasa tidak mempunyai tujuan hidup.

Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami quarter life crisis sepertiadanya masalah dalam pekerjaan, merencanakan karier, menjalani kehidupan mandiri untuk pertama kalinya, putus cinta, melihat teman atau kerabat yang mencapai impiannya, dan lain-lain.

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

quarter life crisis merupakan hal yang wajar terjadi namun persoalan tentang krisis ini jangan sampai dianggap remeh.

Krisis seperempat abad ini dapat menyebabkan seorang terkena depresi jika tidak dihadapi dengan bijak.

Binggung cara menghadapi quarter ife crisis berikut caranya yang kami kutip dari laman alodokter.

  1. Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain merupakan hal yang tak perlu. Karena hal ini akan membuang-buang waktu dan membuat Anda semakin khawatir.

Alih-alih memikirkan kehidupan orang lain, mulailah cari tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam hidup.

  1. Ubahlah keraguan menjadi tindakan

Jika anda binggung dalam akan suatu hal dalam hidup, jadikan itu kesempatan untuk menemukan tujuan baru.

Daripada binggung dan tak melakukan apa-apa, lebih baik isi hari-hari anda dengan hal positifuntuk menemukan keraguan anda.

Contohnya, Anda bingung karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan. Di samping tetap menjalankan tanggung jawab Anda dalam bekerja.

Anda bisa mulai mengisi waktu luang dengan relaksasi, menambah wawasan, mencari kelas online untuk menambah keterampilan, atau mengobrol dengan teman untuk mendapatkan solusi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan