Juni Mendatang Browser Internet Explorer akan Dimatikan

Jabarekspres.com – Browser Internet Explorer di era 90-an hingga 2000-an banyak diandalkan sebelum adanya Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome serta peramban lainnya.

Sebelum meluncurkan browser Microsoft Edge, Internet Explorer, peramban yang legendaris dari Microsoft, browser ini sudah ada sejak 1995, hingga terakhir hadir dalam versi Internet Explorer 11 dan dihentikan pengembangannya di 2016. Yaitu sejak Microsoft merilis browser Microsoft Edge.

Kini, Microsoft mengingatkan kepada seluruh pengguna Internet Explorer bahwa browser bawaan di sistem operasi Windows tersebut bakal dimatikan pada 15 Juni 2022 mendatang. Raksasa perangkat lunak itu mengajak para pengguna yang masih pakai peramban tersebut untuk segera berganti ke peramban Edge atau Microsoft Edge.

Sebelumnya pada tahun 2021, Microsoft mengumumkan, dukungan untuk Internet Explorer akan dihentikan pada 15 Juni mendatang. Sebenarnya Microsoft berencana untuk benar-benar mematikan Internet Explorer pada musim panas lalu.

Namun, perusahaan software ini akhirnya memutuskan untuk menawarkan dukungan selama beberapa bulan lebih lama bagi pengguna Internet Explorer untuk berpindah ke Microsoft Edge.

Dikutip dari Gizchina, kendati sebentar lagi dimatikan, peramban tersebut dikabarkan masih dipakai jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Seiring tenggat waktu yang kian dekat, Microsoft mengunggah pengingat melalui website resminya.

Microsoft menyebut, banyak website tak lagi mendukung penggunaan Internet Explorer, dan hal ini berpotensi mengurangi pengalaman penggunaan oleh pelanggan.

“Seperti yang sebelumnya kami umumkan, masa depan Internet Explorer pada Windows adalah Microsoft Edge. Internet Explorer (IE) menyediakan dukungan browser lama dalam Microsoft Edge,” tulis Microsoft.

Untuk beberapa waktu ke depan, mode Internet Explorer yang terintegrasi dengan Microsoft Edge bakal terus tersedia. Mode ini menyediakan tampilan situs web internet tanpa masalah, yang dirancang untuk bekerja dengan Internet Explorer. Mode ini dikembangkan untuk memperlancar transisi antara kedua browser.

“Oleh karena itu, aplikasi desktop Internet Explorer 11 (IE11) akan dihentikan pada 15 Juni 2022 untuk versi Windows 10 tertentu. Artinya, aplikasi desktop IE11 tidak akan lagi didukung dan selanjutnya akan dialihkan ke Microsoft Edge jika ada pengguna yang mencoba mengaksesnya,” ujar Microsoft. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan