Sirkuit Paling Sulit Di Dunia, Mandalika Belum Termasuk

Yang membuat tikungan ini begitu menyeramkan dan bahaya adalah karena banyaknya tikungan ke kiri sebelum mereka akhirnya harus segera melakukan tikungan ke arah kanan.

Bahkan, Marc Marquez juga mengatakan bahwa tikungan ini adalah tikungan tercepat yang mana harus melakukan 50% gas serta tidak bisa melakukan pengereman dengan sepenuhnya. Jadi, jika ban motor tergelincir dalam tikungan maka akan sangat sulit untuk menyelamatkan diri pada saat itu.

Lokasi: Saxony, Jerman

Tahun berdiri: 1996

Panjang trek: 3.671 m

Lebar trek: 12 m

Tikungan kiri: 10

Tikungan kanan: 3

Trek lurus terpanjang: 700 m

Sirkuit Le Mans, Prancis

Circuit des 24 Heures merupakan julukan yang dibuat karena pernah menggelar seri balapan dengan nama 24 Hours of Le Mans serta Circuit de la Sarthe. Yang membuat sirkuit ini sulit ditantang adalah karena banyaknya tikungan serta ketinggian yang tidak teratur sehingga membuat pembalap memiliki kesulitan ketika bertanding di sirkuit ini.

Dani Pedrosa juga menganggap sirkuit ini sebagai salah satu sirkuit yang sulit ditaklukkan. Menurutnya, Le Mans memiliki karakter lintasan stop and go, sehingga ia dan timnya harus benar-benar mempersiapkan stabilitas motor, traksi, dan akselerasi yang baik.

Lokasi: Le Mans, Maine, Perancis

Tahun berdiri: 1966

Panjang trek: 4.185 m

Lebar trek: 13 m

Tikungan kiri: 4

Tikungan kanan: 9

Trek lurus panjang: 674 m

 

Itulah beberapa sirkuit paling sulit untuk di taklukan. Sirkuit Mandalika sendiri belum termasuk yang paling sulit, namun pihak MotoGP dan dunia menilai, sirkuit Pertamina Mandalika menjadi yang paling indah di dunia. Namun para pembalap sepakat jika sirkuit Mandalika sulit untuk menyalip.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan