KPK Ingin PDIP Pelopori Budaya Anti Korupsi, Apa Kabar Harun Masiku?

JAKARTA – Harun Masiku mendadak menjadi salah satu trending topik Twitter Indonesia pada Rabu (23/3) pagi.

Warganet kembali mengungkit sosok buronan KPK itu menyusul pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bisa menjadi pelopor budaya antikorupsi.

Pernyataan Firli tersebut disampaikan ketika dirinya menjadi pembicara di kegiatan Pendidikan Kader Nasional (PKB) PDIP, Selasa (22/3).

Dikutip dari Kompas, Firli menyebutkan budaya antikorupsi belum sepenuhnya diterapkan oleh para pejabat negara maupun anak bangsa. Padahal, pemberantasan korupsi bagaikan orkestrasi dengan cara menciptakan sistem integritas nasional.

Oleh karena itu, dia berharap semua anak bangsa ikut aktif berperan, baik yang di legislatif, eksekutif, maupun partai politik (parpol)

“Karena korupsi merugikan uang negara, korupsi juga menyulitkan tercapainya tujuan bernegara,” tuturnya.

“Parpol menjadi sentral dan memiliki kedudukan strategis dalam rangka mewujudkan tujuan negara dan parpol yang menentukan segala lapisan kepemimpinan. Saya kira PDI Perjuangan bisa menjadi pelopor dalam budaya antikorupsi,” ucap Firli.

Sementara itu, warganet kembali menyinggung soal Harun Masiku yang hingga saat ini masih menjadi buronan KPK.

Seperti diketahui, Harun Masiku merupakan mantan calon legislatif dari PDI Perjuangan.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR RI terpilih tahun 2019-2024 yang sudah berstatus buronan sejak Januari 2020.

Hingga saat ini, KPK belum tahu keberadaan Harun Masiku

Harun Masiku,hingga kini masih menghirup udara segar.

Selama bertahun-tahun ia hidup dalam persembunyiannya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun kembali angkat bicara terkait penyelidikan terhadap tersangka Harun Masiku yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku bahwa sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait keberadaan tersangka Harun Masiku.

KPK pun kata dia masih terus melacak keberadaan Harun Masiku.

“Sampai sekarang kami belum mendapat informasi keberadaan yang bersangkutan (HarunMasiku),” kata Alexander di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/3 dikutip dari Kompas.tv

Alexander menambahkan bahwa pihaknya memastikan akan terus mencari keberadaan bekas calon legislatif dari PDI Perjuangan (PDIP) tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan