Manfaat Jeruk Nipis Sangat Banyak, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan

Hasil studi yang menarik adalah peran limonen dalam mengendalikan gangguan neurodegenerasi atau penurunan fungsi sel saraf otak yang umumnya terjadi seiring bertambahnya umur.

Penurunan itu terjadi akibat kerusakan sel yang bisa mengakibatkan gangguan seperti depresi, sulit tidur, dan kecemasan. Gangguan yang lebih berat dan tidak mudah diatasi adalah “demensia”, yaitu menurunnya daya ingat, kemampuan bicara, dan berpikir. Keadaan itu terjadi, antara lain, pada penyakit Alzheimer.

Karena itu, para ahli menyarankan mengonsumsi jeruk nipis dalam bentuk air perasan dan menghirup minyak atsiri kandungannya. Hirupan akan membantu mempercepat proses masuknya molekul minyak atsiri yang mengandung limonen ke dalam susunan saraf pusat.

2. Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Hiperlipidemia dan hipertensi adalah gangguan kesehatan yang bisa mengganggu fungsi jantung dan pembuluh darah. Pemakaian minyak atsiri untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah sudah mendapat dukungan ilmiah.

Dukungan itu memberikan penguatan pada pemakaian perasan buah jeruk nipis yang populer di kalangan wanita Indonesia sebagai penurun berat badan.

Penurunan tersebut berkaitan dengan khasiat jeruk nipis sebagai antihiperlipidemia (kadar lemak berlebih). Hiperlipidemia berkaitan erat dengan kerusakan metabolisme lipida yang menyebabkan meningkatnya trigliserida, total kolesterol, kolesterol buruk, dan menurunnya kolesterol baik (HDL).

Pada publikasi hasil studi oleh peneliti Taiwan dinyatakan bahwa minyak atsiri jeruk nipis sudah terbukti menunjukkan aktivitas antioksidan dan hipolipidemik. Aktivitas itu terjadi melalui kerja sama berbagai komponen kandungan minyak.

Kandungan unsur sitral dalam minyak atsiri dapat meningkatkan aktivitas antioksidan. Ini penting bagi kesehatan sel pembuluh darah dan jantung.

Studi lain juga menunjang temuan bahwa -terpinene dalam minyak atsiri jeruk nipis mampu menghambat oksidasi LDL. Kandungan limonen, linalool, dan 4-terpineol dalam minyak itu berkhasiat mencegah penyakit kardiovaskular dan hipertensi.

3. Antikanker

Studi khasiat antikanker buah jeruk banyak mendapat perhatian. Sebuah studi menguraikan efek perlindungan senyawa polymethoxy flavon jeruk yang dapat menghambat karsinogenesis (perubahan sel normal menjadi sel kanker) melalui berbagai jalur.

Mekanisme penghambatan karsinogenesis jeruk nipis dilakukan dengan cara menghentikan mobilitas sel kanker pada sistem sirkulasi, jadi menghambat metastasis (persebaran), blocking angiogenesis (pembentukan pembuluh darah), menginduksi tumor suppressor gene (pengatur pertumbuhan sel), dan apoptosis (pengaturan kematian sel).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan