Masih Bingung? Ini Cara Membuat Footnote Dari Jurnal

Jabarekspres.com – Footnote atau catatan kaki merupakan unsur yang wajib ada dalam setiap karya ilmiah. Hal tersebut bertujuan sebagai penguat data, pelengkap data serta bukti sah mengenai data yang tertulis dalam tulisan kita.

Tata cara penulisannya pun tidak sembarangan. Penulisannya pun harus ada unsur nama penulis, judul tulisan, tahun terbit dan nomor halaman kutipan. Berikut adalah cara membuat footnote dari jurnal yang benar di kutip dari manjakan.com.

Jika di ambil dari jurnal langsung

Untuk penulisan dari jurnal langsung, unsur-unsur yang harus tertera yaitu:

Nomor kutipan dan nama penulis, “judul jurnal (di tulis dengan cetak miring dan memakai tanda petik)”, nama jurnal serta volume dan nomor jurnalnya, tahun terbit jurnal, dan nomor halaman jurnal yang di kutip.

Contohnya:

7 Andi Kusumo, “Struktur Vegetasi Kawasan Hutan Alam dan Hutan Rerdegradasi di Taman Nasional Tesso Nilo”, Jurnal Lingkungan Vol. 14 No. 07, 2006, Hal 2.

Jika jurnal di ambil dari internet

Untuk jurnal yang di ambil dari internet, unsurnya hampir serupa dengan junrla langsung. Yang membedakan ialah di tambahkan URL serta tanggal akses jurnal tersebut. Berikut unsurnya:

Nama penulis (nama belakang penulis kemudian tanda koma lalu nama depan di sertai titik), bulan dan tahun terbit jurnal, “judul jurnal (gunakan cetak miring)”, nama penerbit, URL jurnal serta tanggal akses jurnal.

Contohnya:

Kusumo, Andi. Agustus 2016. “Struktur Vegetasi Kawasan Hutan Alam dan Hutan Rerdegradasi di Taman Nasional Tesso Nilo”. Jurnal Lingkungan. Vol. 14, No. 07, http://lingkungan.net/jurnalstrukturvegetasi, 7 Juli 2019.

Jika unsur dari jurnal sudah kita pahami, selanjutnya yaitu cara membuat footnote dengan mudah menggunakan Ms Word. Berikut cara membuat footnote di kutip dari zonamahasiswa.com:

  1. Blok paragraph yang akan di letakkan footnote
  2. Setelah itu, klik Reference lalu klik Insert Footnote
  3. Isi referensi jurnal pada tampilan yang muncul dengan menggunakan unsur fotmat seperti di atas.

Namun jika ingin memasukkan footnote dengan cara otomatis:

  1. Blok paragraph yang akan di letakkan footnote
  2. Kemudian tekan tombol Alt+Ctrl+F secara bersamaan
  3. Dan footnote sudah otomatis ada dan sama persis dengan unsurnya

Tinggalkan Balasan