Pernikahan Beda Agama Stafsus Jokowi Bikin Heboh, Gus Umar: Harom!

Jabarekspres.com – Kabar pernikahan beda agama Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ayu Kartika menghebohkan masyarakat.

Sejumlah netizendi jagat maya pun saling bergantian mengutarakan pendapatnya mengenai pernikahan beda agama yang dijalani Stafsus Presiden Jokowi itu.

Perdebatan soal pernikahan beda agama ini pun terus meruncing salah satu di lini masa Twitter. Banyak yang menyayangkan pilihan Ayu Kartika.

Menyikapi ramainya pemberitaan tersebut, Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Hasibuan atau yang lebih akrab disapa Gus Umar ikut bersuara.

Melalui akun Twitter pribadinya @Umarhasibuan_70, Gus Umar turut mengutarakan soal hukum nikah beda agama dalam perspektif agama Islam.

“Nikah beda agama itu hukumnya Harom,” kata mantan Staf Khusus Mendagri itu, Sabtu (19/3/2022).

Tokoh NU itu kemudian membandingkan situasi di Indonesia dengan sekarang soal kemunculan prosesi nikah beda agama yang di umbar ke publik.

“Kalau dulu orang Indonesia sembunyi-sembunyi nikah beda agama bahkan sampai keluar negeri nikahnya. Sekarang sudah terbuka. Padahal dalam Islam nikah beda agama itu Harom,” tutur dia.

“Stafsus jokowi nikah beda agama. Apa nikah beda agama sudah legal di negara ini sob? #Seriusnanya,” ucap Tokoh NU Gus Umar dicuitannya yang lain.

Berdasarkan informasi, Stafsus Presiden Jokowi, Ayu Kartika menggelar pernikahannya dengan Gerald Sebastian pada Jumat (18/03/2022), kemarin.

Diketahui pemilik nama lengkap Ayu Kartika Dewi itu memeluk agama Islam, sementara pasangannya Gerald Sebastian merupakan penganut Katolik.

Dalam momen yang sakral itu, Ayu Kartika dan Gerald Sebastian yang menjalani pernikahan beda agama disebut-sebut melakukan dua prosesi keagamaan.

Pertama, Ayu Kartika Dewi dan Gerald Sebastian melaksanakan akad sesuai pernikahan di agama Islam. Setelah itu, keduanya melakukan pemberkatan.

Melalui akun Instagram pribadinya, Stafsus Presiden Jokowi itu sempat mengumumkan soal jadwal akad dan pemberkatannya bersama Gerald Sebastian.

“Akad: 07.30 – 08.15 WIB, Pemberkatan: 10.00 – 10.45 WIB,” tulis Ayu Kartika di akun Instagramnya, Jumat (18/3/2022).

Pemberkatan kedua pasangan yang kabarnya telah menjalani masa pacaran kurang lebih dua tahun itu dipimpin langsung oleh Uskup Katedral Jakarta.

Video detik-detik pernikahan Ayu Kartika dengan Gerald Sebastian ini pun sempat meramaikan jagat maya dan turut di unggah sejumlah netizen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan