Permasalahan Banjir di Kota Bandung Masih Terjadi, Begini Solusinya

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) Bandung sejauh ini masih mencari cara untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Bandung.

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengakui, diberbagai titik genangan banjir memang masih terjadi.

Sebagai antisipasi, Pemkot Bandung selalu melakukan penyisiran dan menyiapkan tenaga untuk melakukan penanganan agar genangan cepat surut.

‘’Kita selalu siaga bila hujan deras di Kota Bandung, melalu dinas pekerjaan umum untuk penangan banjir sudah memiliki pasukan,’’kata Yana kepada Jabarekspres.com, Kamis, (16/3).

Beberapa titik yang menjadi langganan banjir selalu dipantau,  seperti wilayah Jalan Pasteur, Pasir Koja dan lainnya.

Masyarakat juga bisa melaporkan jika terjadi genangan banjir. Sehingga tim dari DPU akan bergerak untuk menuntaskannya.

Yana juga sudah menginstruksikan kepada DPU untuk selalu melakukan pengecekan drainase dan gorong-gorong agar tidak terjadi sumbatan.

Dari berbagai pengecekan gorong-gorong  dan drainase, ternyata banyak ditemukan sampah yang berasal dari warga.

‘’Nah disini saya tekankan agar warga juga ikut untuk berpartisipasi menjaga lingungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan bisa memilah sampahnya,’’ucap Yana.

Yana memaparkan, Pemkot Bandung juga sudah membuat beberapa Kolam Retensi dibeberapa titik sebagai penampungan limpasan air hujan.

Selain itu, warga juga bisa ikut membantu dengan membuat sumur-sumur resapan agar air hujan tidak langsung mengalir  ke jalanan.

Pemkot Bandung juga berencana untuk membuat kolam retensi tambahan. Namun, masih terkendala pengadaan lahan dan anggaran.

“Lahan menjadi kendala. Karena, kan, ini bikin kolam retensi di tengah kota. Lahannya harus agak luas supaya efektif. Ditambah cukup sulit mencari lahan di tengah kota, mah,” ujarnya.

‘’Kota Bandung itu pada tahun 2020 saja potential loss PAD-nya lebih dari Rp1 triliun. Jadi, pasti berpengaruh terhadap anggaran pembangunan kami,”tambah Yana lagi.

Kendati begitu, Yana Mulyana menambahkan, rencana pembangunan kolam retensi  merupakan salah satu solusi untuk menuntaskan maslah banjir di Kota Bandung.

Hal ini terbukti dengan kondisi saat ini. Jika terjadi hujan deras genangan cepat surut karena air hujan mengalir dan di tampung di kolam retensi itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan